fbpx
Kabar Daerah

Jelang Pemilihan Petinggi, Ini Pesan Bupati Haryanto

PATI, energibangsa.id – Sebanyak 158 desa ditetapkan untuk menggelar pemilihan petinggi atau Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021.

Namun terdapat tiga desa yang dinyatakan batal mengikuti pemilihan petinggi dalam pesta demokrasi tersebut.

Bupati Pati Haryanto mengatakan, kegagalan tiga desa mengikuti Pilkades tersebut karena calon yang diusung kurang dari dua orang.

Hal itu tidak memenuhi ketentuan yang ditetapkan. Selain 158 desa yang siap menyelenggarakan Pilkades, masih ada 58 desa lain yang masih dalam tahap penetapan.

Pesan Bupati

Menjelang persiapan calon pemimpin desa, Bupati Haryanto memberikan pembekalan kepada mereka. Gelombang pertama di Pendapa Kabupaten Pati, Selasa (23/3/2021).

Dalam kesempatan itu, Bupati Haryanto menekankan agar para calon kades siap mental kalah atau menang.

Ia menjelaskan, jika nantinya kalah dalam pemilihan kepala desa, tidak ada permasalahan.

Bupati juga berpesan kepada calon kades yang taat hukum dan taat administrasi, sesuai ketentuan.

“Kita jangan sampai berpikir ingin menjadi kepala desa hanya untuk memperkaya diri. Kemudian gaya hidupnya jangan sampai berubah. Untuk yang kalah, ya juga harus siapkan mental, ”terangnya.

Haryanto meminta para calon kades, surat pernyataan sikap, agar tercipta pilkades di Kabupaten Pati yang sejuk, aman dan damai.

“Karena menjadi calon kepala desa itu ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Jadi patut bersyukur bagi panjenengan semua yang telah ditetapkan bagai calon kepala desa, ”ungkap bupati. (*)

Related Articles

Back to top button