fbpx
Kabar Daerah

Jelang Fit and Proper Test, 14 Calon Anggota KPID Sambangi Gedung DPRD Jateng

SEMARANG, energibangsa.id—Rencananya, uji kelayakan dan kepatututan akan dilakukan pada akhir bulan ini.

Berjumlah 14 orang calon anggota Komisi Penyiaran Informasi Daerah (KPID) Jawa Tengah periode 2020-2023 melakukan audensi dengan Pimpinan DPRD di Ruang Rapat Pimpinan (Rapim), Gedung Berlian, Kamis (21/1/2021).

Hadir tatap muka, Ketua DPRD Jawa Tengah Bambang Kusriyanto, Ketua Komisi A Muhammad Saleh, Wakil Ketua Fuad Hidayat, dan Sekretaris Irna Setyowati.

Ke-14 calon anggota KPID Jateng antara lain Achmad Junaidi, Anas Syahrial, Ari Yusmindarsih, Asih Budiastuti, Dini Inayati, Edi Faisol, Edi Pranoto dan Imam Nuryanto.

Selain itu, calon lainnya, Isdiyanto, Muhammad Aulia Assyahidin, Nugroho Budi Raharjo, Sonakha Yuda Laksono, Valentina Estianingsih, Yogya Susaptoyono.

Uji kelayakan oleh DPRD

Bambang Kusriyanto mengatakan DPRD Jateng menjadi pihak yang akan menggelar uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test).

Sebagaimana pengujian bagi calon anggota KPID periode sebelumnya dilakukan oleh Komisi A.

“Setelah itu, dari hasil uji itu, DPRD melayangkan surat kepada Gubernur untuk mendapatkan pengesahan,” kata Bambang Kribo, sapaan akrab Ketua DPRD Bambang Kusriyanto ini.

Muhammad Saleh dalam keterangannya menjelaskan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Diskominfo Jateng, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkoninfo) dan KPI Pusat sebelum menggelar uji kelayakan dan kepatutan.

Mengingat waktu pengujian ini dalam masa pandemi Covid-19, Komisi A tetap akan menguji 14 calon KPID dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Dipastikan akhir Januari ini, kita sudah bisa melakukan pengujian”, ujar Ketua Komisi A, Muhammad Saleh.

Adapun materi pengujiannya itu meliputi materi kepenyiaran, problematika dan solusi. (*)

Related Articles

Back to top button