Kabar Indonesia

Jawa Tengah Buka Penerimaan CPNS 2019 untuk Semua Kalangan, Termasuk Penyandang Disabilitas

ENERGIBANGSA.ID – Pendaftaran CPNS 2019 menjadi momentum yang ditunggu-tunggu masyarakat tak terkecuali oleh masyarakat Jawa Tengah. Momentum ini juga menjadi angin segar bagi penyandang disabilitas.

Pasalnya di tahun ini Penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) juga bakal diperuntukkan bagi penyandang disabilitas di Jawa Tengah. Dilansir dari kompas.com Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Jawa Tengah, Wisnu Zahro membenarkan hal tersebut dan menyatakan bahwa: “Selama persyaratan itu diperbolehkan kita buka kesempatan untuk jadi PNS bagi penyandang disabilitas. Karena supaya tidak ada diskriminasi dalam proses rekrutmen pekerjaan.” (30/10/2019)

Wisnu juga menjelaskan bahwa rekruitmen CPNS 2019 ini akan jauh lebih berat dan ketat dari tahun sebelumnya. Tak hanya dari segi persyaratan tetapi Wisnu juga menjamin tak aka nada campur tangan calo dalam proses perekrutan tahun ini.

Untuk, formasi CPNS tahun 2019 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membuka lowongan CPNS untuk 1.409 formasi. Antara lain pendidikan 551 formasi, kesehatan 316 formasi dan teknis atau hampir semua SKPD 542 formasi. Kemudian untuk 35 kabupaten/kota di Jateng membuka lowongan CPNS sebanyak 13.509 formasi.

Sedangkan, jumlah formasi untuk disabilitas akan segera di rapatkan. Adapun lowongan CPNS yang bisa diikuti oleh disabilitas diantaranya, posisi sebagai analis kepegawaian. Namun, apabila peserta tersebut memenuhi syarat seperti lancar menulis, verbalisasi dan sehat jasmani dan rohani. Maka lowongan umum pun dapat diisi oleh disabilitas. Sehingga tidak akan terjadi diskriminasi bagi seluruh pelamar CPNS.

Pendaftaran CPNS 2019 akan dibuka serentak pada 11 November 2019. Sedangkan untuk tesnya direncanakan akan dimulai pada bulan Februari 2020 dan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) pada bulan Maret 2020. Untuk Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) akan dilakukan menggunakan Computer Assisted Test (CAT).

Related Articles

Back to top button