fbpx
Kabar Daerah

Jateng Perpanjang Persyaratan Hasil Rapid Tes Bagi Orang Luar? Simak Yuk..

SEMARANG, energibangsa.id – Persyaratan hasil rapid test antigen bagi wisatawan asal luar daerah Jawa Tengah kini diperpanjang. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Dilansir dari bisnis.com, Selasa (12/1), kebijakan perpanjangan hasil rapid test ini menyikapi adanaya kebijakan Pelaksanaan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). PPKM di Jateng ini diketahui dimulai pada 11-25 Januari 2021.

“Jawa Tengah selalu mendukung kebijakan pemerintah pusat untuk memutus mata rantai penularan Covid-19. Meskipun pariwisata yang terdampak, pembatasan tetap perlu dilakukan demi kesehatan dan keselamatan kita bersama,” ungkap Purwanto, Kabid Pengembangan Destinasi Pariwisata Disporapar Provinsi Jawa Tengah.

Ia menjelaskan, selama PPKM berlangsung terdapat tujuh daerah yang menutup destinasi wisatanya. Dearah desinasi wisata yang tutup yaitu Klaten, Banyumas, Kebumen, Kudus, Grobogan dan Demak. Destinasi wisata ditutup untuk mencegah terjadinya kerumunan.

Tindak tegas

Kepala Disporapar Jateng, Sinoeng N Rachmadi mengatakan, pemda akan menindak tegas pengelola destinasi yang nakal. Jika destinasi wisata masih ditemukan dibuka dan tidak menerapkan protkol kesehatan, maka pihaknya tidak segan untuk menutupnya.

Sedangkan Pemerintah Provinsi DIY, hingga kini tetap membuka destinasi wisata yang ada. Walaupun terjadi PPKM di Jawa-Bali selama dua pekan.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mengatakan, sektor pariwisata di DIY masih akan beroperasi. Maka dari itu, Ia menegaskan agar pelaku di sektor pariwisata tetap menjalankan SOP dan perketat protokol kesehatan.

Hal ini juga diatur melalui Surat Edaran No 188/00139, Pemerintah Provinsi DIY akan membatasi jumlah kunjungan destinasi wisata hanya 50 persen dari kapasitas aslinya.

Meski beroperasi, pengelola destinasi wisata juga diimbau untuk tidak menggelar acara yang menimbulkan kerumunan. (*)

Related Articles

Back to top button