fbpx
Otomotif

Jarang Diketahui, Ini Lho Fungsi Spoiler Pada Mobil

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Tau gak sih, spoiler yang disematkan pada bagian belakang mobil bukan hanya untuk gaya – gayaan balaka lho.

Ternyata adanya komponen tersebut justru memiliki fungsi yang mempengaruhi aerodinamika pada mobil nih sobat energI

Umumnya, pada mobil model sedan, komponen ini terletak di ujung pintu bagasi, sedangkan mobil hatchback di ujung atap belakang.

Faktanya, spoiler menjadi salah satu penentu utama pengendalian mobil saat berada di kecepatan tinggi.

Dilansir dari carbiketech, spoiler merupakan perangkat aerodinamis yang dimaksudkan mengurangi hambatan udara saat mobil melaju cepat.

Memang pada awalnya pabrikan menciptakan spoiler belakang ini untuk kebutuhan balap.

Namun, seiring perkembangan teknologi, spoiler lama kelamaan menjadi aksesoris populer mobil yang punya performa tinggi. Fungsinya bisa dirasakan ketika kendaraan melaju dengan kecepatan tinggi.

Meski begitu, fungsi spoiler juga tergantung di bagian mana komponen ini dipasang meski punya tujuan yang sama, yakni mengurangi efek turbulensi oleh aliran udara.

Pabrikan juga menggunakan alat ini untuk menambah tekanan ke bawah pada mobil dan mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi.

Artinya dengan menggunakan spoiler, ini memberi dampak tekanan ke bawah sehingga traksi ban mobil terhadap aspal saat kecepatan tinggi menjadi lebih sempurna.

Pemasangan spoiler pada mobil, sebagaimana dilansir tim energibangsa.id dari cnnindonesia.com, harus diimbangi dengan spoiler depan dan samping.

Apabila hanya memasang spoiler belakang saja dapat menyebabkan mobil bergerak tidak tentu arah dan terkadang mengubah haluan mobil ketika melaju kencang.

Sementara spoiler depan biasanya terletak pada bagian bumper, dan spoiler samping tepat di bagian panel bawah pintu pada sisi kiri dan kanan.

Penggunaan spoiler juga harus dipahami, sobat energi perlu melakukan hitung-hitungan matang sebelumnya dengan menyesuaikan dimensi mobil dan lainnya.

Jangan sembarang menggunakan spoiler aftermarket, ya. Kesalahan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button