fbpx
Otomotif

Jangan Ngeluh, Coba Cek Ini Jika Bensin Mobilmu Boros

ENERGIBANGSA.ID – Mobil yang boros bahan bakar memang tak disukai semua orang. Seringkali, masyarakat menganggap hal ini dipicu kondisi macet dan sering menginjak pedal gas dalam-dalam secara spontan.

Namun sebenarnya masih banyak faktor lain yang bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil menjadi boros. Sobat Energi sudah tahu?

Dikutip Detik dari laman Daihatsu, ada 6 faktor yang bisa menjadi penyebab mobil boros bensin. Berikut penjelasannya.

1. Mampetnya Filter Udara

Filter udara berfungsi sebagai penyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar. Cara kerjanya adalah memblokade aliran udara di dalam saluran masuk dengan bahan seperti kertas atau kain yang punya pori-pori besar.

Oleh karena itu, hanya udara yang bisa menembus lapisan filter udara. Jika ada debu yang ikut terbawa aliran udara, debu tersebut akan tertinggal di permukaan filter.

Lama kelamaan, debu-debu tersebut akan menumpuk dan mengganggu kelancaran aliran udara. Akibatnya, pasokan udara ke mesin akan berkurang dan menyebabkan langkah piston menjadi berat.

Mobil akan terasa ngempos dan tidak bertenaga, dan menyebabkan Anda akan menekan pedal gas lebih dalam. Akibatnya suplai bensin untuk mobil jadi bertambah.

2. Ukuran Velg yang Besar

Beberapa pengguna mobil memodifikasi velg-nya menggunakan velg variasi, yang biasanya memiliki lebar dan rim yang lebih besar. Padahal, secara tidak langsung hal itu berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar mobil.

Velg yang lebih besar umumnya memiliki bobot yang lebih besar. Velg dapat dianalogikan seperti kaki. Jika kaki dibebani dengan sesuatu yang berat, apakah masih bisa berlari kencang? Jawabannya tentu bisa, namun memerlukan tenaga yang lebih ekstra.

Saat mobil divariasikan dengan velg yang lebih besar itu berarti mobil membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Secara tidak langsung, bahan bakar mobil akan cepat habis.

3. Menyalakan AC dengan Suhu Paling Dingin

Menyalakan AC saat berkendara sudah menjadi sebuah kebutuhan. Mengingat Indonesia berada di wilayah tropis, suhu di daerah perkotaan pun menjadi cukup panas di siang hari.

Namun, menyalakan AC dengan suhu paling dingin di waktu yang lama juga dapat menyebabkan bensin menjadi boros lho. Penjelasannya, saat Anda menyalakan AC, mesin akan memutar kompresor AC yang berfungsi memompa refrigerant. Daya yang diperlukan kompresor AC tidak sedikit, apalagi jika dipasang suhu yang paling dingin.

Hal itu menyebabkan kekuatan mesin akan terbagi ke kompresor AC. Artinya Anda perlu menekan pedal gas lebih dalam untuk bisa menjalankan mobil, kan.

4. Ban Kempes

Jika ban mobil Anda kempis, otomatis tapak ban akan melebar karena bagian dinding akan menyentuh permukaan jalan. Akibatnya, akan tercipta lebih banyak gesekan pada ban dan mobil Anda memerlukan tenaga tambahan agar bisa bergerak normal. Artinya, perlu menginjak pedal gas lebih dalam, kan?

5. Melepas Catalytic Converter

Catalytic Converter berfungsi menyaring gas NOx yang terbentuk dari proses pembakaran mesin. Cara kerjanya yaitu dengan memblok aliran gas buang dari knalpot. Gas NOx akan tertangkap oleh material khusus di dalam catalytic dan gas yang keluar knalpot itu menjadi ramah lingkungan.

Namun konstruksi bloking seperti ini juga mengganggu proses pengeluaran gas buang. Sehingga sebagian besar pengguna mobil memilih melepas catalytic demi mendongkrak performa mesin.

Setelah melepas catalytic performa mesin memang akan meningkat karena gas buang langsung diarahkan ke udara bebas tanpa hambatan. Namun, mesin menjadi lebih cepat berputar, bahkan saat stasioner. Dampaknya konsumsi bensin mobil jadi lebih boros.

6. Oli Transmisi Matic Belum Diganti

Penggantian oli transmisi pada mobil matic adalah salah satu perawatan yang tidak boleh diabaikan. Sistem kerja transmisi tersebut sangat dipengaruhi oleh gerakan hidrolik dari oli transmisi.

Saat oli transmisi sudah lama tidak diganti, proses perpindahan putaran akan terganggu dan menimbulkan masalah, salah satunya bensin menjadi lebih boros. (Sasa/EB/detik).

Related Articles

Back to top button