fbpx
Gaya Hidup

Jangan Dibuang, Ini Lho Manfaat Kulit Buah yang Tak Terpikirkan!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Sobat Energi, apa kamu orang yang suka makan buah-buahan dan langsung membuang kulit buahnya? Sekarang jangan langsung membuang kulitnya ya. Karena ternyata beberapa kulit buah bisa dimanfaatkan loh, seperti kulit lemon, kulit pisang, kulit jeruk, dan juga kulit jeruk bali.

Jika biasanya setelah mengupas buah, kulitnya langsung dibuang begitu saja. Padahal, memanfaatkan limbah kulit buah. Berikut ini adalah enam tips cerdas memanfaatkan kulit buah.

1. Gunakan Kulit Lemon Untuk Membersihkan Dapur dan Rumah

Lemon mengandung asam sitrat yang tinggi dengan aroma segar yang dimiliki cocok dimanfaatkan untuk membersihkan dapur atau kamar mandi.

Usapkan kulit lemon pada bagian rumah terkecil, seperti pintu kamar mandi, lalu cuci dengan sabun dan bilas.

Untuk mengurangi bau tidak sedap di tempat sampah, potong kulit lemon menjadi lebih kecil dan letakkan di kantong sampah. Selain itu, kamu juga bisa letakkan di wastafel.

2. Kulit Alpukat Dapat Menyegarkan Kulit

Kulit alpukat sebenarnya dapat dimanfaatkan untuk melembabkan kulit. Caranya sangat mudah, gosokkan kulit alpukat pada kulit dan diamkan selama 5 menit, kemudian bilas.

Menggosokkan kulit alpukat pada tubuh akan mengangkat kulit mati.

3. Kulit Jeruk Untuk Mengusir Nyamuk

Aroma kulit jeruk yang kuat ternyata dapat mengusir nyamuk di rumah. Inilah mengapa beberapa produk pengusir nyamuk memiliki aroma kulit jeruk.

Selain itu, kulit jeruk juga bisa dimanfaatkan untuk membuat permen atau sirup.

4. Kulit Pisang untuk Kilapkan Sepatu

Membuat sepatu berkilau dengan mudah hanya dengan menggosokkan kulit pisang ke permukaan sepatu, dan voila! Sepatumu akan langsung berkilau seperti baru.

5. Teh dari Kulit Jeruk Bali

Jeruk bali memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh, seperti menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. Faktanya, tak hanya buahnya saja, bahkan kulit jeruk bali dapat dijadikan teh dengan segala manfaatnya. Caranya cukup mudah, rebus kulit jeruk bali dalam air selama 15 menit. Sajikan bersama madu, dan teh kulit jeruk bali siap diminum.

6. Bahan Pupuk Kompos

Limbah kulit buah dan sayuran juga bisa dimanfaatkan untuk membuat pupuk kompos sehingga bisa lebih mengurangi sampah organik di sekitar. Manfaatnya tentu lebih menghemat karena tidak perlu membeli popok bagi tanaman-tanaman lainnya.

Wah, ternyata mudah sekali memanfaatkan limbah kulit buah. Tidak hanya membantu mengurangi sampah organik, pemanfaatan limbah organik juga membantu menjaga lingkungan. Selamat mencoba Sobat Energi! (Annisaa/EB/tempo).

Related Articles

Back to top button