fbpx
Gaya Hidup

Jangan Dibenci, Ini Manfaat Berteman Dengan Orang Pelit

ENERGIBANGSA.ID-Pelit atau perilaku berhemat yang berlebihan sering kita artikan sebagai orang yang kikir, perhitungan, serta tidak mau berbagi dan sebagainya.

Tapi, pernahkah kamu memikirkan alasan dibalik perilakunya tersebut? Jika kamu memiliki teman, anggota keluarga atau bahkan pasangan yang pelit, jangan terlalu menyalahkan mereka, ya!

Berikut manfaat yang bisa didapatkan jika berteman dengan orang pelit :

1.Belajar Manajemen Uang

Orang pelit biasanya lebih memprioritaskan kebutuhan daripada keinginan.Ia sangat mengatur segala kebutuhan secara rinci dan biasanya jarang ia ingkari.

Jika kamu memiliki kolega yang terkesan pelit,secara tidak sadar kamu akan mengikuti perilakunya tersebut.

Ambil sisi positifnya, kamu akan melihat betapa bergunanya mendahulukan kebutuhan dibanding kepentingan.

2.Selektif

Pernahkah kamu menemui seseorang yang senang membandingkan harga barang di toko? Salah satu contoh ini membuktikan bahwa tingkat selektif orang pelit itu sangat tinggi.

Orang pelit bisa berguna ketika diajak berbelanja karena ia bisa mengarahkan mana barang dengan kualitas yang sama tetapi harganya lebih murah.

3.Tidak Mudah Dimanfaatkan

Perilaku pelit berarti memperhitungkan dengan seksama. Sebelum ia memberikan barangnya ke orang lain, biasanya ia akan memikirkan segala konsekuensi yang akan didapatkannya.

Biasanya perilaku pelit adalah buah hasil dari pengalamannya sebelumnya, bisa saja ia pernah dikecewakan karena pernah melakukan hal tersebut.

Perilaku pelit juga tidak selalu baik. Tetapi sesekali kamu bisa belajar melihat sisi baik dari orang pelit. (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button