Essai

Jago ‘Ngoding’ Hanya dalam Semalam?

Oleh: Budi Satria, Mahasiswa Teknik Informatika Universitas STIKUBANK Semarang

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Ditengah perkembangan teknologi yang semakin masif, kita sebagai manusia dituntut untuk bisa mengikuti tren. Akibatnya, semua hal yang berhubungan dengan aspek kehidupan manusia menjadi serba instan dan cepat.

Ditambah lagi adanya era industri 4.0 yang memaksa kita untuk menggunakan teknologi di berbagai aspek kehidupan. Banyak orang yang saat ini mengembangkan Artificial Intelligence (AI) dan juga robot sebagai pembantu manusia.

Ilustrasi koding pada Programer

Karena itulah saat ini membutuhkan tenaga pekerja untuk mengembangkan teknologi tersebut guna membantu tugas manusia. Tenaga pekerja itu adalah programmer.

Banyak orang saat ini berlomba – lomba untuk bisa menjadi programmer. Entah karena mereka hobi atau justru ‘desakan’ dari era industri 4.0. Intinya saat ini banyak sekali perusahaan yang mencari tenaga ahli IT.

Bagi kalian penikmat dunia programming, pasti merasakan sulitnya mempelajari bahasa pemrograman dari nol. Bikin tulisan “Hello world” saja rasanya sudah senang sekali. Walaupun sulit, namun beberapa programmer mengaku bahagia setelah bisa solve permasalahan mereka.

Nah karena kesulitan itulah banyak orang malas yang mencoba mencari jalan pintas untuk bisa ngoding. Seperti para pembaca sekalian, yang punya tujuan bisa jago ngoding dalam semalam. Hey, jangan malas anda!

Mungkin dari tadi kalian mencari-cari mana tips jago ngoding dalam semalamnya. Sejujurnya saya juga bingung, emang ada orang jago ngoding dalam semalam? Emang kalian titisan Bandung Bondowoso?

Programmer pada umumnya belajar ngoding dari siang ke malam. Begitu terus sampai berminggu-minggu. Itupun belum tentu juga mereka langsung jago ngoding. Intinya usaha tak akan menghianati hasil.

Pokoknya nggak ada orang yang bisa jago ngoding hanya dalam semalam. Kalau nggak mau susah, ya nggak usah ngoding tho ndess.(*)

Related Articles

Back to top button