Jaga Kesehatan di Cuaca Ekstrem dengan Rempah-Rempah Ini (Foto: honestdocs.id)
Jaga Kesehatan di Cuaca Ekstrem dengan Rempah-Rempah Ini (Foto: honestdocs.id)
KesehatanRagam Bangsa

Jaga Kesehatan di Cuaca Ekstrem dengan Rempah-Rempah Ini

0

ENERGIBANGSA.ID – Apakah Sahabat Energi yang tinggal di Pulau Jawa merasa cuaca begitu terik pada siang hari dan terasa sangat dingin pada malam hingga pagi hari?

Jika ya, tidak perlu khawatir. Hal ini adalah pengaruh dari musim kemarau ketika berhembus angin muson timur-tenggara yang membawa massa udara dari Benua Australia yang bersifat kering dan dingin.

Yang harus Sahabat Energi khawatirkan adalah kondisi kesehatan pada musim kemarau ini. Menurut dr. Laurentius Aswin Pramono, SpPD, M.Epid, dari Rumah Sakit Carolus Jakarta, perubahan cuaca yang ekstrem dapat menyebabkan mudah terkena penyakit influenza seperti batuk dan pilek akibat daya tahan tubuh yang rendah.

Ketika gejala flu melanda, Sahabat Energi jangan buru-buru mengonsumsi obat. Cobalah rempah-rempah khas Indonesia yang kaya manfaat. Berikut Energi Bangsa rangkumkan untuk Sahabat Energi.

Kunyit
Kunyit dianggap sebagai antibiotik alami. Beberapa studi di bidang medis mengklaim bahwa kunyit bekerja efektif dalam menghangatkan tubuh dan mengurangi sakit tenggorokan. Tambahkan kunyit ke dalam masakan atau bisa juga campurkan sedikit potongan kunyit ke dalam susu cair, didihkan kembali bersama susu, aduk-aduk dan minum selagi hangat.

Jahe
Orang Indonesia biasa meminum jahe yang telah dibuat menjadi jamu. Jahe juga bisa dicampurkan ke dalam sup, susu, teh atau kopi. Kandungan anti peradangan pada jahe dapat membantu melawan sakit tenggorokan dan infeksi pernapasan.

Cengkeh
Cengkeh dapat digunakan untuk mengobati masalah pernapasan dan mengatur suhu tubuh. Tambahkan dua atau tiga cengkeh ke dalam sup, teh, atau kari untuk mengobati batuk. Selain itu, mengunyah cengkeh dapat mengatasi radang tenggorokan dan menghilangkan bau badan.

Kapulaga
Teh yang menggunakan campuran kapulaga dan cengkeh sangat membantu dalam mencegah flu dan dapat menghangatkan tubuh. Selain itu, Sahabat Energi bisa juga merebus dua atau tiga kapulaga dalam secangkir air yang ditambah dengan satu sendok madu. Minumlah sebelum tidur agar dapat menghangatkan tenggorokan dan melancarkan pernapasan.

Kayu Manis
Kayu manis dipercaya dapat merangsang sirkulasi darah sehingga badan terasa lebih hangat dan dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh di cuaca yang sedang tidak menentu ini. Satu sendok makan bubuk kayu manis dan satu sendok makan madu yang dicampur dengan air hangat dapat menyegarkan kondisi tubuh dan mengurangi rasa dingin. Rempah yang memiliki aroma khas ini juga dapat dicampur dengan jahe untuk mengatasi masuk angin.

Sahabat Energi terus jaga kesehatan diri, keluarga, dan orang-orang tersayang, ya. Kesehatanmu, lho.

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Kreshna Aditya Zulkarnaen, Ilustrator Muda Indonesia Yang Berjaya di Kancah Dunia

Previous article

Kekurangan Tenaga Kerja Khusus, Jepang Jalin Kerjasama dengan Indonesia di Bidang Ketenagakerjaan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

More in Kesehatan