fbpx
Internasional

Jadi Negara Kuat, Ini Rahasia Orang-Orang China!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Negara China tak bisa dipandang sebelah mata oleh bangsa lainnya.

Saat ini, Negara Tirai Bambu telah mengalami evolusi yang sangat cepat sehingga mencapai kemajuan pesat.

Bahkan berdasarkan data yang dimiliki tim energibangsa.id, negara yang dipimpin Xi Jinping ini. Memiliki beberapa perusahaan teknologi yang disegani ataupun proyek antariksa yang canggih yang dapat disejajarkan dengan bangsa-bangsa kelas atas.

Pendiri Alibaba, Jack Ma pun, menyampaikan pendapat tentang kunci sukses orang-orang China di berbagai kesempatan.

Salah satunya beberapa tahun yang lalu muncul kontroversi sistem kerja 996 di China, yakni kerja ekstra keras dari pukul 9 pagi hingga 9 malam selama 6 hari seminggu.

Pengusaha sukses yang pernah berkunjung ke Indonesia itu membelanya sebagai salah satu faktor kenapa China bisa maju seperti saat ini. Dan dapat dijajarkan dengan negara lain seperti Amerika Serikat.

“Karena ‘996’ atau ‘997’ ini, Tiongkok mampu meraih berbagai pencapaian dan mengapa dunia mengagumi Tiongkok dan pencapaiannya dalam 40 tahun terakhir,” ungkapnya saat itu.

Dan inilah, lanjut dia, mengapa kita memiliki misi luar angkasa Shenzhou V dan Shenzhou VI. Semua ini membangun kepercayaan diri kita untuk masa depan.

Jack Ma

Dalam wawancara terbaru dengan media CGTN, pria yang telah pensiun dari Alibaba ini kembali menyinggung salah satu keunggulan orang China. Yaitu mau belajar dan menjadikannya bekal untuk kemajuan.

“Saya pikir adalah luar biasa orang-orang China tahu lebih banyak tentang Amerika Serikat daripada Amerika tahu tentang China,” tuturnya sebagaiaman dikutip dari detik.com.

Jack Ma pun memberikan pujian kepada kapasitas belajar  orang-orang China.

Menurutnya orang-orang China suka membuka pikiran mereka lalu belajar dari yang lain sehingga membantu China untuk maju.

“Dalam 4 dekade ke belakang, kapasitas belajar orang China dan kemauan untuk mengetahui tentang dunia telah membuat perbedaan di negara ini. Kita telah mengembangkan diri kita sendiri,” tandas Jack Ma yang sekarang berkecimpung di dunia amal.

Hanya saja menurutnya, memang ada pekerjaa rumah bagi China agar dunia bisa lebih tahu tentang negara mereka sehingga tidak terjadi kesalahpahaman.

“Kepercayaan adalah berdasarkan pada pemahaman. Jadi saya percaya kita harus mengembangkan pendekatan yang berbeda, untuk membantu dunia agar memahami negara kita, budaya kita dan warga kita,” pungkasnya. (Sasa/EB]

Related Articles

Back to top button