fbpx
ReviewTeknologi

Bagaimana Cara Buka Toko di Etsy? Simak 5 Tips Ini

ENERGIBANGSA.ID – Pada saat ini sebuah marketplace merupakan media yang banyak digunakan oleh banyak orang dari berbagai belahan dunia, terutama bagi pemilik usaha yang berada di Indonesia.

Adanya marketplace juga mempermudah bagi pengusaha untuk memperkenalkan dan menjual produk-produk yang ia miliki.

Salah satu marketplace yang dapat dimanfaatkan adalah Etsy, dengan fokus pada bahan handmade ataupun homemade,  semacam Ebay

Namun  dengan semakin berkembangnya Etsy, kini marketplace itu juga membolehkan para pengguna atau pelaku usaha yang tergabung untuk berjualan produk digital dan bermitra dengan perusahaan yang menyediakan Printing on Demand lho!

Bagi sobat energi yang ingin bergabung di Etsy namun tidak memiliki bisnis sendiri, kalian tetap bisa mendaftar, caranya dengan mendaftar menjadi seller.

Bagi yang belum tahu, tim energibangsa.id memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjadi seller di marketplace Etsy. Yuk simak tips-tips di bawah ini!

1. Lakukan Proses Register untuk Mendaftar Menjadi Mitra Etsy

Melakukan register tentu menjadi hal utama yang harus pengguna lakukan. Namun jika kalian sudah terdaftar sebagai akun biasa dan ingin mendaftar menjadi seller, kalian diwajibkan untuk menambahkan kartu kredit atau Paypal.

Pada saat itu berlangsung disarankan untuk tidak langsung meng-upload produk terlebih dulu. Tetapi kalian harus  Etsy Support dan mulai menjelaskan jika ingin membuka toko di Etsy. Hal ini dilakukan agar akun yang telah dibuat tidak dibatasi oleh pihak Etsy.

Sementara khusus untuk pengguna Indonesia, yang mencoba menjadi penjual di Etsy, biasanya akan dibatasi, saat sudah melakukan registerasi sebagai seller. Sekitar 1-3 hari pihak Etsy akan mengirim email penagguhan akun. Alasannya bermacam-macam.

2.PayPal dan Credit Card

Ketika kalian bergabung untuk menjadi mitra dalam sebuah marketplace, maka menjadi suatu keharusan  untuk memiliki kartu kredit dan Paypal.

Apabila kalian tidak memilikinya, jangan khawatir karena saat ini beberapa bank telah menyediakan fasilitas kartu debit  secara online, diantaranya debit BNI Online, Jenius, dan Digibank. Kalian bisa menggunakan itu sebagai alternative .

Sedangkan untuk mendaftar akun Paypal sekarang tidak perlu menggunakan kartu kredit untuk proses verifikasi. Jadi semuanya bisa dilakukan.

3. Siapkan Produk yang Dijual

Hal ini tentu saja untuk mempermudah calon pembeli yang akan membeli produk anda. Untuk produk handmade dan homemade, demi memberikan kesan yang lebih menarik kalian bisa menambahkan beberapa effect untuk memberikan kesan artistik.

Di Etsy sebagian besar seller Indonesia menjual pakaian dan produk digital, seperti t-shirt, tas jinjing, dan legging. Tapi kadang-kadang ada beberapa penjual menjual Website theme semacam Wordpress, Shopify dll.

4. Metode Pembayaran

Etsy hanya menerima beberapa pembayaran seperti Etsy Payment, PayPal, dan Payment by mail. Khusus bagi seller Internasional metode pembayaran yang biasanya digunakan adalah PayPal maupun Payment by mail.

Namun apabila kalian memiliki lebih dari satu aku Paypal, tim energibangsa.id menyarankan menggunakan satu akun Paypal  saja untuk menerima pembayaran dari Etsy Buyer.

Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya dana yang menjadi satu dari beberapa kegiatan. Agar kalian juga menjadi lebih mudah ketika ingin mengetahui berapa jumlah dana yang telah masuk di PayPal dari buyer Anda.

5. Cari Dropship yang Terpercaya

Selain untuk menghindari adanya penipuan, mencari dropship yang terpecaya juga membuat kalian menjadi tahu bahwa dropship tersebut memilliki banyak peminat, seller yang ikut bergabung, dan yang pasti produk-produk yang dihasilkan memang telah diakui kualitasnya.

Jika kalian baru bergabung, bagaimana cara menjadi dropship yang terpercaya?

Tenang, di bawah ini tim energibangsa.id  merekomendasikan beberapa dropship yang biasa digunakan. Simak yuk!

  • Printful.com

Disini banyak banget produk yang dijual, diantaranya ada backpack, hoodie, sweater, t-shirt, topi, jogger, phonechase dan masih banyak lagi. Selain itu Printful.com juga memiliki banyak jenis yang dapat di print lho. Paket lengkap bukan?

  • Tshirtgang.com

Tshirtgang.com memiliki produk yang kurang lebih hampir serupa seperti Printful.com mereka menjual beberapa produk seperti t-shirt, hoodie, sweater, jogger, dll. Harga yang ditawarkan pun bervariasi loh. Dari yang murah hingga yang mahal pun tersedia disini.

  •   Printify.com

Disini produk yang dijual juga hampir serupa dengan Printful.com dan Tshirtgang.com. selain menjual hoodie, t-shirt, sweater, jogger, di Printify.com juga menjual berbagai aksessories, mug, dan perlengkapan rumah dan lainnya.

Jadi enggak ada alasan lagi nih buat Anda untuk memulai bisnis. Selamat mencoba dan semoga sukses! [Tata/EB]

Related Articles

Back to top button