fbpx
Kabar Daerah

Isolasi Mandiri Ditempat yang Disediakan, Pemkab Batang Bakal Beri Uang Satu Juta

BATANG, energibangsa.id – Pemkab Batang tengah menyiapkan lokasi isolasi mandiri di setiap desa bagi pasien covid-19 yang memiliki status orang tanpa gejala (OTG).

Dilansir dari Antara Jateng, Rabu (13/1), memasuki awal tahun 2021 Pemkab Batang telah mengeluarkan aturan baru. Hal ini terkait dengan pemberlakuan isolasi mandiri bagi pasien positif covid-19 berstatus OTG tidak lagi dirawat dirumah.

Bupati Batang, Wihaji mengatakan, adanya SK bupati terbaru mewajibkan semua desa menyediakan lokasi untuk isolasi mandiri. Selama ini isolasi mandiri yang diterpkan dirumah masing-masing dinilai tidak efektif.

Ia menjelaskan, Pemkab akan memberikan uang insentif bagi pasien positif covid-19 yang bersedia menjalani mandiri di lokasi yang disedikan oleh desa. Uang insentif yang diberikan yaitu Rp1 juta bagi yang mau menaatinya.

“Jadi kalau ada pasien yang tidak mau isolasi di lokasi yang telah disediakan dan memilih di rumah sendiri, maka saya pastikan yang bersangkutan tidak akan menerima uang insentif,” ujarnya.

Lokasi isolasi mandiri

Tak hanya menyediakan isolasi mandiri tingkat desa, Pemkab Batang juga menyediakan tempat siolasi di Mes Persibat. Lokasi ini digunakan bagi warga yang sulit diatur untuk menjalani isolasi mandiri sesuai yang dianjurkan.

Menurutnya, aturan yang selama ini telah dilakukan kurang berjalan maksimal karena masih ada pasien positif covid-19 yang keluyuran. Keluarga yang melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing bahkan masih menerima tamu.

“Faktanya setelah dicek, pasien positif covid-19 masih pergi kemana-mana dan menerima tamu. Hal inilah yang menimbulkan persebaran covid-19 pada klister keluarga semakin tinggi,” imbuhnya.

Ia menegaskan bahwa pemerintah desa agar tidak mengandalkan pemkab saja terkait maslaah keamanan. Pemerintah desa sebaiknya memaksimalkan dan melibatkan program Jogo Tonggo dan satgas covid-19 yang sudah dibentuk. (*)

Related Articles

Back to top button