Kesehatan

Intip Protokol Kesehatan Wisata Taman Mini di Semarang, yuk!

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Grand Maerakaca adalah destinasi wisata yang terletak di Jalan Tawangsari Semarang. Lokasi ini tidak jauh dari Bandara Internasional Ahmad Yani. Wisata ini memberikan angin segar untuk melepas penat di tengah pandemi ini, tentunya.

Taman Mini Jawa Tengah, Grand Puri Maerakaca Semarang (dok: istimewa)

Grand Maerakaca yang berdiri di lahan seluas 23 hektare disebut juga Taman Mini Jawa Tengah. Pasalnya di lokasi wisata menampilkan 35 rumah adat dari 35 kabupaten/ kota di Jawa Tengah yang tata letaknya disesuaikan lanskap geografisnya. Dengan hanya membayar tiket Rp 10.000, kamu bisa menikmati “Taman Mini” ini.

Begitu masuk ke dalam, rumah adat Kabupaten Blora dengan replika patung pedagang sate menyambut. Di sebelahnya ada anjungan Kabupaten Rembang yang menampilkan replika pahlawan emansipasi perempuan, RA Kartini.

Di sana, telah diterapkan protokol kesehatan dengan baik. Di gerbang pertama disediakan sejumlah Hand Sanitizer dan terpampang tulisan “Kawasan Wajib Menggunakan Masker”. Adapun untuk para petugas menggunakan faceshield, masker, dan sarung tangan.

Pada pintu masuk utama para pengunjung wajib melakukan pengecekan suhu tubuh. Pengelola telah menyediakan spot-spot tempat cuci tangan yang dapat dimanfaatkan oleh pengunjung untuk cuci tangan secara berkala.

Salah satu spot perahu dayung (komplek taman mangroove) di Taman Maerakaca Semarang

Serta banyak sekali stiker maupun poster yang isinya imbauan untuk jaga jarak dan lakban-lakban bersilang dipasang di kursi-kursi yang ada.

Grand Maerakaca ini telah mengantongi izin rekomendasi dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Semarang. Jadi, aman dong buat wisata sekedar melepas kepenatan. (dhanti/EB/kompasiana).

Related Articles

Back to top button