fbpx
Lewat ke baris perkakas
Wisata & Kuliner

Intip Olahan Tahu Khas Semarang, Wajib Coba Dijamin Enak

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Kota Semarang ternyata memiliki berbagai macam olahan tahu yang nikmat dan unik.

Tahu sendiri berasal dari kedelai yang memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh.

Berbagai hidangan yang terbuat dari tahu di Ibu Kota Jawa Tengah ini memang diminati oleh masyarakat lokal maupun orang yang berkunjung ke Kota Semarang.

Berikut ini beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang berkaitan dengan tahu khas Kota Semarang. Kepo yaaa? Yuk langsung simak aja!

1. Wedang Tahu

Wedang tahu atau kembang tahu merupakan minuman khas semarang yang terbuat dari sari kedelai yang disiram dengan kuah jahe hangat yang menyegarkan.

Wedang tahu ini diklaim sebagai dessert tradisional khas Semarang yang wajib dicoba di malam hari atau saat cuaca Semarang sedang hujan.

Rasa manis, segar, dan aroma harum dari kuah jahe dipadukan dengan lembutnya sari kedelai, aduh, enak banget.

Kamu dapat menemukan wedang tahu ini salah satunya di Wedang Tahu tjoa yang berlokasi di Jalan Wotgandul Timur, Kranggen, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang dengan merogoh kocek sekitar Rp 10 ribuan saja.

2. Tahu Pong

Dinamakan tahu pong karena tahu ini tengahnya bolong, atau kopong. Cemilan ini tak hanya disajikan sendirian saja, biasanya disajikan dengan kuah dari ekcap, bawang, petis, dan acar lobak putih.

Beberapa tahu pong yang terkenal di Semarang ialah Tahu Pong Gajah Mada yang berada di Jalan Gajah Mada Nomor 63B, Kembangsari, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang dan Tahu Pong Karangsuru yang berlokasi di Jalan pringgading Nomor 11D, Brumbungan, Kecamatan Semarang Tengah, Semarang.

3. Tahu Petis

Tahu yang digoreng lalu dalamnya diisi dengan petis yang terbuat dari ikan atau udang. Kriuknya tahu berpadu dengan lembutnya saus petis dijamin akan memanjakan lidah mu saat memakannya.

Salah satu pelopor tahu petis di Semarang ialah Tahu Petis Prasojo yang sudah cukup terkenal dan dapat ditemui di kawasan kuliner Simpang Lima, Peleburan, dan Semarang Selatan.

4. Tahu Bakso

Tahu bakso menjadi salah satu snack yang paling dicari dan digemari masyarakat Semarang. Tahu bakso adalah olahan tahu yang di dalamnya diisi dengan bakso.

Tahu bakso ini enak saat dimakan hangat-hangat setelah digoreng atau dikukus, dinikmati bersama cabe rawit maupun saus.

Salah satu tahu bakso yang cukup terkenal adalah Tahu Bakso Bu Pudji yang beralamat di Jalan Sukun raya No. 11 dan Jalan Pamularsih Raya No. 15.

5. Tahu Gimbal

Tahu gimbal adalah makanan khas Semarang yang mudah sekali ditemui di daerah Taman Indonesia Kaya.

Tahu gimbal berisi tahu goreng, bakwan udang (gimbal), telur ceplok, lontong, irisan kubis yang diatasnya disiram sambal kacang.

Rasanya yang gurih dan komponennya yang banyak menciptakan paduan rasa yang tak akan terlupakan di mulut.

Salah satu tahu gimbal yang terkenal di Kota Semarang adalah Tahu Gimbal Pak Edi yang bisa di temukan di Jalan Menteri Supeno, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang. Satu porsi tahu gimbal dibanderol dengan harga Rp 25 ribu.

Sobat Energi, itulah beberapa olahan tahu khas Semarang yang wajib kamu coba! Enak dan sangat beragam yah. Ayo tetap lestarikan makanan khas daerah mu!

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button