Gaya HidupPendidikanRagam Bangsa

Inilah Sisi Positif Jika Kuliah Lama Lulusnya

ENERGIBANGSA.ID – Lulus di waktu yang cepat dan tepat adalah dambaan bagi mahasiswa yang ingin menuntaskan gelar sarjananya. Namun belakangan ini sedang marak mahasiswa lulus dengan kurun 3,5 tahun.

Sebenarnya baik mahasiswa yang lulus dengan rentang waktu 4 atau 3,5 tahun memiliki resiko dan benefit masing-masing. Alasan mahasiswa menyelesaikan studi lebih cepat dari pakemnya pun beragam. Mulai dari alasan ekonomi hingga alasan prestise.

Namun apakah mahasiswa yang lulus dengan rentang waktu 3,5 tahun sudah siap untuk benar-benar terjun dalam dunia persaingan global ?

Berikut beberapa pertimbangan jika kalian memutuskan mengakhiri studi dengan kurun waktu 3,5 tahun

Bisa Kuliah Sambil Kerja
Jika sobat masih dibiayai orangtua, perlu dipertimbangkan baik-baik alasan ini. Pasalnya kita telah menginjak usia kepala dua saat menduduki semester tua, hal ini membuat kita sungkan bahkan malu jika terus menerus menengadahkan tangan alias minta duit pada orangtua kita. Semakin kalian cepat lulus maka semakin berkurang tanggungan biaya pendidikan.

Namun perlu diingat, kalian bisa mencari beasiswa jika tidak ingin membebani orangtua. Selain itu jika kalian memang mandiri, sekarang ini banyak kampus yang menyediakan kelas karyawan. Dengan begitu kalian bisa terus kuliah dan mencari penghasilan sendiri. Hal ini harus diimbangi oleh pembagian waktu yang baik. Jangan sampai salah satunya tertingal. Baik kerja dan kuliah harus bergerak secara imbang. Hal ini belum tentu bisa dilakukan semua orang.

Selangkah lebih maju
Kalian yang menyelesaikan studi lebih cepat mampu terjun ke dunia kerja lebih awal daripada mahasiswa lulus tepat waktu. Hal ini akan berjalan mulus jika selama masa studi kalian benar-benar memanfaatkan kesempatan.

Bekali diri dengan pengetahuan, skill bahkan organisasi kampus. Semua harus dipersiapkan dari awal. Jangan sampai kalian lulus cepat tapi tidak memiliki kemampuan apa-apa, itu sama saja kalian melakukan blunder, bunuh diri.

Jangan hanya karena mengejar gengsi dan mendapatkan pengakuan dimata umum bahwa kalian hebat. Itu takan berarti apa-apa jika setelah lulus kalian hanya menjadi beban negara sebagai penyumbang angka pengangguran. Kalian harus sudah memiliki tujuan selanjutnya.

beasiswa kuliah

Kualitas Tugas Akhir
Banyak cibiran dan prasangka bahwa mereka yang lulus lebih cepat tidak bagus dalam hal kualitas tugas akhir atau skripsi. Para lulusan 3,5 tahun dinilai tergesa-gesa sehingga penulisan tugas akhir tidak dilakukan dengan maksimal.

Ini menjadi sebuah tuntutan dan tanggungjawab jika kalian ingin menyelesaikan studi secara prematur. Pastikan kalian memberikan kemampuan terbaik di akhir jenjang pendidikan. Untuk menyelesaikan ini dibutuhkan waktu, tenaga dan pikiran lebih extra dibanding mereka yang lulus 4 tahun. Ini adalah sebuah tantangan. Pastikan kalian mampu, jika memang ragu lebih baik jangan coba-coba untuk lulus 3,5 tahun.

Bagi sobat energi yang saat ini sedang bingung menentukan masa studi ada baiknya bicara pada diri sendiri, pastikan jika kalian memang mampu. Ingat, lulus lebih cepat, tepat waktu atau lulus terlambat bukan jaminan seseorang untuk meraih kesuksesan.

dari sini bisa dipahami bahwa yang bisa menentukan kesuksesan adalah kerja keras dan doa. Jadi, sobat energi… silahkan ditentukan, mau pilih lulus tepat waktu, atau di waktu yang tepat?

Related Articles

Back to top button