fbpx
Gaya Hidup

Inilah Rahasia Khasiat Lemon dan Seledri, Terbukti Ampuh!

ENERGIBANGSA.ID — Siapa yang tidak mengetahui seledri dan lemon? Ya, tentu saja kedua bahan itu tidak asing bagi kita karena mudah sekali dijumpai.

Bahan yang sangat mudah ditemukan ini biasanya sering digunakan sebagai hiasan makanan maupun minuman.

Pecinta bakso atau sup? Seledri sering sekali bertaburan di atasnya bersama bawang goreng. Seledri diketahui sebagai salah satu makanan yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Bahan makanan dengan nama latin Apium graveolens ini mengandung serat yang bisa meningkatkan metabolisme gula, juga meningkatkan sensitivitas reseptor insulin. Menambahkan seledri ke dalam makanan ternyata bisa mengurangi fluktuasi darah.

Kontrol Diabetes Dengan Seledri

Mengandung vitamin K, seledri dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan metabolisme glukosa. Menurut penelitian, vitamin K dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2.

Seledri juga dapat menekan pertumbuhan bakteri H Pylori yang dikatakan melipatgandakan risiko diabetes tipe 2.

Melansir Boldsky, ini dia cara konsumsi seledri untuk kontrol diabetes :

Resep 1 :

Siapkan 300 gram seledri dan 5-6 lemon.

Caranya, cuci bersih seledri dan parut. Siapkan panci, kemudian peras untuk mendapatkan jusnya. Selanjutnya, siapkan panci lain dan didihkan setengah air. Letakkan panci yang berisi perasan seledri dan lemon diatas panci air, kemudian tutup dan panaskan sampai titik didih.

Panaskan hingga 2 jam, lalu angkat tanpa membuka tutup panci. Setelah dingin, simpan di lemari es dan konsumsi satu sendok teh rebusan, setidaknya setengah jam sebelum makan pagi. Resep ini akan membantu anda menurunkan kadar gula darah apabila rutin diminum.

Resep 2 :

Alternatif lain, kamu bisa tambahkan satu sendok teh biji seledri ke 2 gelas air dan rebus dengan api kecil selama 25 menit. Minumlah sehari sekali.

Nah itu tadi Sobat Energi resepnya. Gampang banget ya ternyata. Eh tapi resep ini tidak disarankan jika kamu menderita penyakit ginjal loh! Sebaiknya konsultasikan pada dokter terlebih dahulu. Tetap jaga kesehatan! (Annisaa/EB/grid.id)

Related Articles

Back to top button