fbpx
Pendidikan

Inilah Deretan Negara yang Punya Program Studi Bahasa Indonesia

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Kini bahasa Indonesia mulai dilirik oleh negara lain. Pencapaian ini menjadi hal yang patut dibanggakan warga Indonesia sehingga tak perlu inleader, karena bahasa “ibu” ini sudah digunakan bangsa lain. Bahasa Indonesia juga kini digunakan sebagai bidang mata pelajaran di beberapa sekolah.

Kawan-kawan ingin tahu kan? Berikut tim energibangsa.id akan membagikan negara-negara yang sekolah dan universitas telah menetapkan Bahasa Indonesia sebagai pelajaran.

1. Jepang

Jangan aneh jika kamu ke Jepang lalu melihat ada anak-anak di kelas berbincang-bincang menggunakan bahasa Indonesia.

Kampus-kampus beken seperti Kanda University of International Studies, Nihon University College of International Relations, dan Tokyo University of Foreign Studies telah menawarkan program studi berbahasa Indonesia. Tak hanya kampus-kampus, ternyata SMA internasional Kanto juga memiliki jurusan bahasa Indonesia. Di sekolah tingkat atas itu, budaya Indonesia menjadi sajian wajib saban tahun saat festival.

2. Korea Selatan

Bagi kamu penggemar K-Pop di tanah air. Ada kabar baik bahwa Hankuk University membuka studi Bahasa Indonesia. Ia menjadi salah satu jurusan yang paling populer di kampus tersebut. Telah ada 700 mahasiswa yang berebut untuk menjadi mahasiswa jurusan Bahasa Indonesia.

Kamu bisa menyarankan idol kamu untuk kuliah di sini, lho. Jadi, saat berkunjung ke Indonesia dia sudah sangat lancar dan bisa diajak bicara bahasa “Ibu”.

3. Australia

Negara Kanguru juga menjadi salah satu negara yang memiliki konsentrasi terhadap Bahasa Indonesia. Melalui University of Southern Queensland dan Deakin University menawarkan program studi Bahasa Indonesia. Tak hanya di kampus, sekolah macam Loyala College Watsonia juga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai pelajaran agama Katolik di sekolah ini.

Mengapa Bahasa Indonesia diajarkan di Australia? Alasannya, ia menjadi bahasa asing yang masuk ke negaranya sejak 1700. Sudah lama sekali bahasa kita di negara tetangga, lho.

Tak hanya tiga negara yang disebutkan diatas, nama-nama negara Bahasa Indonesia, antara lain Kanada, Ukraina, Suriname, Vietnam, dan Amerika Serikat (Hawaii). Terdapat pelajaran Bahasa Indonesia di kampus dan sekolahnya.

Semoga bahasa kita semakin mendunia dan mendukung kemajuan peradaban dunia. Ciaaww.. (Fadli/EB).

Related Articles

Back to top button