Nasional

Inilah 3 Provinsi yang Berhasil Tekan Angka Kematian COVID-19, Mana Saja?

SEMARANG, energibangsa.id – Jumlah kasus kematian akibat Covid-19 disebut menurun minggu ini. Disampaikan oleh Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Sasmito, secara nasional penurunan  terjadi sebesar 7,4% dibanding minggu sebelumnya.

Wiku Sasmito turut memberikan pujian kepada provinsi yang sukses bersama-sama menekan angka kematian Covid-19.

“Kami mengapresiasi provinsi yang berhasil menekan angka kematian pada pekan ini dan berkontribusi dalam penurunan menekan angka kematian secara nasional,” katanya dalam jumpa pers, Selasa (6/10).

Ia menyebut Jawa Tengah, Banten, dan Riau adalah tiga provinsi yang sukses menekan angka kematian dalam pekan ini sehingga tak lagi masuk dalam lima provinsi dengan kasus kematian tertinggi

Provinsi yang Berhasil Tekan Angka Kematian COVID-19

“Jawa Tengah, Banten dan Riau, yang berhasil menekan angka kematian pada pekan. Sehingga berhasil keluar dari lima besar provinsi dengan kenaikan kematian tertinggi,” ungkap Wiku

Sayangnya, Provinsi Sumatera Barat, Aceh, dan Papua kini masuk dalam lima besar provinsi dengan kematian tertinggi bergabung dengan Jawa Barat dan Kalimantan yang masih bertengger di lima besar sejak pekan lalu.

Oleh karena itu, Wiku berharap besar kepada kepala daerah di lima provinsi diatas untuk dapat melaksanakan treatment atau penanganan pasien Covid-19 secara serius.

“Utamanya pada pasien dengan gejala sedang – berat serta pasien dengan pasien komorbid atau penyakit penyerta. Tingkatkan kualitas pelayanan Covid-19 di rumah sakit, perbanyak rumah sakit darurat jika diperlukan,” sebutnya.

Kemudian, Wiku juga memaparkan kasus kesembuhan Covid-19 secara nasional yang mengalami penurunan sebesar 0.9%. Sedihnya, menurutnya angka kesembuhan seharunya mengalami peningkatan.

“Seharusnya angka kesembuhan harus selalu diupayakan untuk meningkat, dari waktu ke waktu setiap minggunya. Jumlah kesembuhan di pekan ini menurun 0,9 persen dari pekan sebelumnya. Meskipun kurang dari 1 persen, ini sangat bermakna untuk masyarakat,” jelas Wiku

Meski demikian, pihaknya mengapresiasi lima provinsi yang terus meningkatkan angka kesembuhannya seperti lima provinsi dengan kenaikan kesembuhan tertinggi di Indonesia.

Kelima provinsi tersebut yakni Sulawesi Selatan naik menjadi 894 pasien sembuh, Riau naik 471 pasien sembuh, Sumatera Utara naik 294 pasien sembuh, Sumatera Selatan naik 207 pasien sembuh dan Bali naik 180 pasien sembuh.

Sementara itu persentase kesembuhan tertinggi di tingkat nasional adalah Kalimantan Utara dengan 87,56 persen, sedangkan Maluku Utara 87,28 persen, Kalimantan Selatan 85,59 persen, Jawa Timur 85,53 persen dan Gorontalo 83,77 persen.

“Dimohon kepada 10 provinsi ini, agar terus mempertahankan dan meningkatkan angka kesembuhan. Dan kepada provinsi lainnya mari berlomba mencapai angka kesembuhan yang tertinggi sehingga dapat meningkatkan angka kesembuhan secara nasional,” katanya. (Sasa/EB).

Related Articles

Back to top button