pentingnya magang kerja
News

Ini yang Dirasakan Fresh Graduate Saat Pertama Kali Kerja

0

ENERGIBANGSA.ID – Mendapatkan pekerjaan merupakan sebuah berkah tersendiri bagi para pencari kerja, apalagi jika bagi mahasiswa atau pelajar yang baru saja lulus, atau lazim disebut fresh graduate.

Bagi fresh graduate yang pernah merasakan ketatnya persaingan mencari kerja, pasti sangat bahagia bila sudah mendapatkan pekerjaan. Namun saat pertama kali masu kdnia kerja pasti dihantui berbagai pikiran tentang jobdesk, lingkungan kerja, teman kerja, dan segala hal di dalamnya.

Nah, entah bingung atau grogi, beberapa pikiran berikut ini pasti pernah terlintas di pikiran dan dirasakan oleh fresh graduate ketika pertama kali bekerja. Oleh karena itu tim energibangsa.id memberikan saran terkait bagaimana problem solving-nya.

Adaptasi dengan Hal Baru

Masuk tempat baru apalagi dunia kerja, memang membutuhkan adaptasi yang luar biasa. Perbedaan sebelum bekerja dan setelah bekerja akan jauh berbeda. Kamu yang biasanya semaunya sendiri, harus mau merubah diri dan beradaptasi karena hasil kerjamu, cara kerjamu, dan pola kerjamu sangat mempengaruhi ritme kerja rekan-rekanmu.

orang-orang dengan type anak mama biasanya lebih sulit beradaptasi, karena biasa dimanja, dan relatif tidak pernah ‘kerja’ sebelumnya.

Ingat, sekarang kamu harus belajar arti disiplin dan tanggungjawab. Oleh karena itu, adaptasi sangat penting untuk dilakukan untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja. 

Ragu pada Kemampuan Diri Sendiri

Selalu ada hal baru dan pengalaman pertama dalam hidup ini. Seperti halnya melaksanakan jobdesk untuk pertama kali. Pikiran kita selalu terbayangkan akankah berhasil menaklukkan tantangan itu? Sehingga membuat diri menanyakan seberapa mampu untuk melakukannya.

Ingat, semua teman-teman kerjamu dulunya juga sama. Jika masih ragu, buang rasa ragumu. Katakan pada dirimu sendiri, bahwa kamu bisa, pasti bisa! Logikanya sederhana, jika kamu tidak bisa, kamu tidak mungkin diterima kerja di sana, bukan?

Jika job desk-nya dirasa ada yang kurang jelas, jangan ragu untuk bertanya pada atasan atau rekan kerja. Tentunya bertanya dengan sopan santun ya, sobat energi.

Canggung karena merasa tidak tahu banyak hal

Perasaan canggung dan merasa tidak tau apa-apa tentang pekerjaan seringkali menghinggapi fresh graduate yang baru pertama kali bekerja. Namun, kembali lagi ikuti saja alur yang diberikan oleh mentor atau senior yang membimbingmu.

Pasti perlahan kamu akan mempelajari satu hal ke hal lain dengan tanggung jawab dari yang mudah bertahap hingga semakin meningkat. Dari situlah kamu akan mendapatkan banyak hal untuk mengUpgrade skill-mu.

Overthinking dan Ingin Menyerah

Overthinking bisa terjadi ketika berpikir hal-hal akan hal yang belum tentu terjadi. Namun sudah ketakutan akan risiko yang akan dihadapi nantinya. Hal ini kadang menjadi penyebab untuk menyerah. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan mengendalikan pikiran yang terlalu jauh dan melihat realita yang ada. Kemudian fokus pada yang sedang terjadi pada saat itu. 

Bertanya-tanya tentang Perusahaan

Pekerjaan memang layaknya jodoh. Jika ada kesesuaian antara diri kamu dengan pekerjaan dan lingkungan kerja, maka bisa disebut berjodoh. Namun sebaliknya, jika pekerjaan dan lingkungan kerja berbanding terbalik dengan skill-mu, artinya perusahaanmu itu terlalu baik buat kamu. Hiks hiks…

Makanya kamu harus menyesuaikan dengan kondisi dan iklim kerja di sana, pastikan orang-orang di sana menerimamu dulu, karena itulah awal dari segala keajaiban yang muncul di dunia kerja.

Nah, pastikan kamu bisa melewati masa pertama kali bekerja dengan baik ya para fresh graduate. Perlahan kamu pasti akan menjadi experience, karena semua hanya tentang waktu dan pengembangan diri. 

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Terlalu Percaya pada Sahabat, Ini yang Terjadi Pada Pelaut satu ini

Previous article

Oza Kioza, Penyanyi Muda Berbakat Indonesia

Next article

You may also like

Comments

Comments are closed.

More in News