fbpx
Nasional

Ini Strategi Risma Tangani Bansos, Cek Disini!

SEMARANG, energibangsa.id—Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini tegaskan, tidak akan ada penyaluran bansos dalam bentuk tunai. Hal ini untuk mencegah adanya kecurangan dalam penyaluran program bantuan sosial.

Mensos yang akrab dipanggil Risma itu mengatakan, tidak akan lagi ada bansos yang ada di bawah kementeriannya berupa uang langsung tunai.

Semua proses pengiriman bansos yang tadinya berupa uang tunai, akan dikirimkan langsung ke rekening penerima bansos.

“Bantuan cash dan bantuan langsung tunai tidak akan ada. Jadi kita akan semua dengan sistem transaksi online,” kata Risma di kantornya, Rabu (23/12).

Hal itu, kata Risma sebagai antisipasi agar tidak ada lagi pegawai-pegawainya yang melakukan kecurangan atau korupsi di dalam instansi yang dipimpinnya.

“Jadi tidak perlu ketemu dengan siapapun. Dan uang itu akan kita kelola dengan transparan. Kami akan menggunakan itu dan bisa dilihat dengan siapapun,” imbuhnya.

Meski demikian, pengiriman bansos secara online itu kemungkinan akan dilakukan pada awal Januari 2021. Fokusnya yakni menjalankan pesan Presiden Jokowi untuk bisa menyelesaikan penyaluran bansos Kuartal IV-2020 secepatnya.

Mantan Wali Kota Surabaya itu juga akan merapikan data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS). Hal itu agar penyaluran bansos secara online di 2021 bisa berjalan optimal. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button