fbpx
Religius

Ini Pesan Natal dari Ketua FKUB Jateng, Taslim Syahlan

SEMARANG, energibangsa.id—Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) tiba di Semarang, semalam. Menteri agama yang belum lama dilantik Presiden Jokowi itu berkunjung ke Gereja GPIB Imanuel Semarang atau Gereja Blenduk di kawasan Kota Lama Semarang, Kamis (24/12).

Selain didampingi Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah, Musta’in Ahmad, Gus Yaqut juga didampingi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jateng, Taslim Syahlan. Juga tokoh agama dan masyarakat lain.

Serahkan Piagam Watugong

Disela-sela kegiatan, Ketua FKUB Jateng, Taslim Syahlan beserta tokoh kerukunan yang tergabung dalam ‘Gerakan Kebangsaan Watugong’ menyampaikan pentingnya kerukunan beragama di Jawa Tengah.

Taslim, bersama-sama perwakilan tokoh lintas agama meliputi Pelita, Perguruan Tri Jaya, Jaringan Ahmadiyah Indonesia (JAI), Anshor Jateng, Walubi, Permabudi, serta organisasi kerukunan lain menyampaikan Piagam Watugong kepada Menteri Yaqut.

Pesan Ketua FKUB

Di akhir kegiatan bersama menteri, Taslim selaku Ketua FKUB Jateng menyampaikan 3 pesan. Pertama, Natal adalah momentum refleksi diri bagi semua umat Nasrani.

“Bahwa solidaritas sesama umat manusia menjadi sangat urgen dalam masa-masa prihatin ini. Budaya saling menolong, saling meingankan beban sesama menjadi pesan yang mulia dalam perayaan Natal ini”, ucapnya.

Kedua, bahwa ajaran kasih harus terus membumi. Menurut Dosen FAI Universitas Wahid Hasyim Semarang itu, rasa empati dengan sesama menjadi kebutuhan mendesak pada masa sekarang.

“Karenanya umat Kristiani boleh menjadi pemantik bagi terwujudnya persaudaraan sejati antar sesama umat beriman”, imbuhnya.

Ketiga, dalam konteks kebangsaan umat kristiani adalah bagian elemen bangsa yang tidak terpisahkan dengan elemen bangsa lainya.

Dalam pesan terakhirnya, Taslim mengingatkan bahwa momentum Natal harus menjadi perekat yang kuat dalam mewujudkan kehidupan yang harmonis, toleran, rukun dan damai. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button