fbpx
Nasional

Ini Manfaat Demonstrasi yang Wajib Kalian Ketahui

ENERGIBANGSA.ID – Pekan ini sedang marak gelombang aksi unjuk rasa di sejumlah wilayah di Indonesia. Aksi unjuk rasa ini sebagian besar diikuti oleh mahasiswa perguruan tinggi.

Aksi ini bertajuk “Reformasi Dikorupsi”. Aksi yang dilakukan dengan agenda meminta pemerintah membatalkan pasal-pasal kontroversial ini telah berlangsung sejak 19 september hingga hari ini.

Bukan hal asing jika mahasiswa kerap melakukan aksi unjuk rasa atau demo. Jika kamu seorang mahasiswa apakah kamu sempat ikut aksi tersebut ? sebagian lapisan masyarakat mungkin banyak memberikan cibiran dengan aksi yang sering terjadi dengan ricuh ini.

Namun dibalik semua cibiran yang dilontarkan berbagai macam pihak, kamu perlu mengetahui manfaat dari mengikuti aksi demonstrasi.

Berikut manfaat dari demonstrasi yang berhasil tim energibangsa.id ringkas

Berlatih Menerapkan Demokrasi dengan Benar

Indonesia adalah negara demokrasi yang menjujung tinggi kebebasan berpendatan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 E ayat (3) yang menyatakan “setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul dan mengeluarkan pendapat.

Tentu dalam menyampaikan pendapat harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar. Ada aturan mengenai apa, kapan dan dimana demo dilakukan. Hal ini dapat disiasati sebagai ajang berlatih untuk menyampaikan aspirasi sesuai dengan prosedur tanpa merugikan pihak manapun.

Meningkatkan Kepercayaan Diri
Sebagai seorang aksi ujuk rasa berbicara di depan umum menyampaikan pendapat adalah tuntutan wajib. Kita harus menyampaikan aspirasi dengan tegas dihadapan umum, hal ini perlu kepercayaan diri yang tinggi. Maka dari itu aksi demonstrasi mampu melatih anda untuk meningkatkan kepercayaan diri. Aduh gimana mau orasi sobat energi, kadang presentasi aja jantung berdebar kaya mau copot hehe

Meningkatkan Rasa Solidaritas
Meningkatkan solidariras dalam aksi demo tidak hanya dalam skala kecil loh sobat energi. jika meningkatkan solidaritas antar teman satu fakultas atau satu kampus adalah hal yang biasa, aksi demo ini bisa menjangkau solidaritas lebih luas. Pasal nya aski demo kerap mengundang berbagai macam orang dari latar belakang yang berbeda. Dalam hal ini para pendemo harus bisenrgi antar satu dengan lainya sehingga tejalinlah solidaritas sesama aksi unjuk rasa.

Melatih Berfikir Kritis
Dalam sebuah aksi demo tak jarang sekelompok orang menyusup dan memprovokasi untuk tujuan kelompok tertentu. Dalam hal ini para pendemo harus mempu berfikir kritis langkah yang harus diambil ketika unjuk rasa berlangsug. Mereka harus menyaring berbagai informasi yang bisa menimbulkan aksi ricuh. Selain itu kita mampu berfikir mengenai isu-isu yang agaknya kurang bijak diterapkan di masayarakat. Jika seorang tidak berfikir krtis mungkin aksi demo tidak akan terjadi.

Sebagai seorang mahasiswa kita harus mampu menyuarakan aspirasi dan tidak mudah terprovokasi ya sobat energi. banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat suasana demo menjadi lebih kondusif dan jauh dari kata ricuh.

Belum telambat untuk mengubah pandangan masyarakat bahwa aksi demo selalu brutal dan merugikan banyak pihak. Hidup mahasiswa !

Related Articles

Back to top button