fbpx
Kabar Indonesia

Ini Lho, Sejarah Korpri yang Diperingati Tiap 29 November

ENERGIBANGSA.ID—Di tahun ini, hari Korps Pegawai Republik Indonesia atau Hari Korpri ke-49 diperingati pada Minggu, 29 November 2020. Meski pandemi, hari jadi Korpri itu tetap saja diperingati meski secara sederhana.

Korpri adalah organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari Pegawai Negeri Sipil, Pegawai BUMN, BUMD serta anak perusahaan, dan perangkat Pemerintah Desa. Kendati demikian, Korpri seringkali dikaitkan dengan Pegawai Negeri Sipil. Pasalnya, kedudukan dan kegiatan Korpri tak terlepas dari kedinasan.

Mengutip tribunnews.com, Kamis (26/11), Korpri sebagaimana melansir dari Wikipedia didirikan pada tanggal 29 November 1971. Agar tak cacat hukum, Korpri ini berdiri berdasarkan Keputusan Presiden (Kepres) Nomor 82 Tahun 1971.

Dibuatnya Kepres tersebut merupakan sebagai wadah untuk menghimpun seluruh Pegawai Republik Indonesia. Adapun organisasi Korpri memiliki struktur kepengurusan di tingkat pusat maupun di tingkat departemen, lembaga pemerintah non-departemen, atau pemerintah daerah.

Saat ini kegiatan Korpri umumnya berkiprah dalam hal kesejahteraan anggotanya, termasuk mendirikan sejumlah badan/ lembaga profit maupun nonprofit. (*)

Related Articles

Back to top button