Gaya Hidup

Ini Lho Hobi Paling Populer Saat Pandemi, Simak Sini

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) – Pandemi COVID-19 memiliki berbagai dampak dalam aspek kehidupan kita, baik itu positif maupun negatif. Ketika semua orang ‘dipaksa’ untuk bekerja dan beraktivitas dari rumah, hal itu justru memunculkan dampak yang tidak sepenuhnya negatif, melainkan sangat bermanfaat.

Anjuran yang diberikan pemerintah tersebut membuat orang-orang mau tidak mau harus mulai beradaptasi dengan kebiasaan baru. Untuk mengatasi kebosanan, banyak orang yang mulai mencari kesibukan dan akhirnya menemukan hobi mereka. 

Menurut beberapa survei yang dilakukan, para peneliti menemukan hobi-hobi yang paling populer diantara masyarakat. Dilansir dari wolipop, inilah beberapa hobi yang sempat populer saat pandemi.

Bersepeda

Tren bersepeda yang digandrungi orang-orang di Indonesia belakangan ini bisa menjadi salah satu contohnya. Ada juga yang mulai doyan memasak atau berkebun.

Sebuah survei terbaru mengungkap sejumlah hobi yang populer selama masa pandemi. Survei dilakukan oleh Nerd Bear, sebuah media bagi pecinta komik dan gadget, terhadap 750 responden di Amerika Serikat.

Survei Google Trend

Pencarian di Google Trend dalam periode 24 Februari – 21 Maret 2020 juga menjadi referensi pembuat survei untuk mengungkap hobi yang sedang diminati.

Berdasarkan survei tersebut, menonton serial tv dan film menduduki urutan pertama daftar hobi terpopuler semasa pandemi. Sebanyak 70 persen responden memilihnya.

Lalu diikuti membaca (50 persen), olahraga (35 persen), kerajinan tangan (33 persen) dan board games (33 persen).

Di urutan terbawah, terdapat belajar alat musik baru (5 persen), belajar bahasa baru (6 persen) dan menulis (10 persen).

Mengingat hobi menonton berada di urutan teratas, maka hal yang lumrah bila pencarian ‘Netflix’ di Google naik hingga 122 persen. Terjadi pula peningkatan signifikan pada kata kunci ‘Home Workout’ (488 persen) dan ‘Home Yoga’ (222 persen).

Penting Punya Hobi

Hobi diyakini mendatangkan banyak manfaat, baik bagi fisik dan kesehatan mental kita. Salah satunya, membantu meredam stres yang timbul karena tekanan.

Di tengah situasi yang tak menentu seperti saat ini, maka penting bagi kita untuk menikmati hobi yang positif. Hati senang, tubuh pun sehat. (buddy/EB).

Related Articles

Back to top button