fbpx
Kesehatan

Ini Lho.. 5 Jenis Makanan Tuk Bantu Tingkatkan Imun Buah Hati

ENERGIBANGSA.ID –  Sistem imun tubuh merupakan salah satu hal penting yang harus selalu diperhatikan. Tak melihat rentan usia, menjaga imun tubuh menjadi seperti sebuah kewajiban agar tidak mudah terjangkit penyakit. Hal ini tentunya juga berlaku untuk anak-anak.

Daya tahan tubuh yang bagus juga membantu tubuh dalam melawan virus dan bakteri yang menyerang tubuh sang anak. Salah satu cara untuk tetap menjaga daya tahan tubuh adalah dengan pola makan yang teratur dan gizi seimbang. Melalui makanan, kekebalan dalam tubuh anak dapat diperkuat dengan memberikan sejumlah nutrisi yang tentunya dibutuhkan.

Mengutip dari WebMD, berikut merupakan beberapa jenis makanan yang dipercaya mampu meningkatkan kekebalan tubuh anak.

1. Yoghurt

Terbuat dari susu yang telah melalui proses fermentasi dengan bakteri, yoghurt menjadi salah satu minuman favorit berbagai usia. Yoghurt mengandung probiotik yang memberikan manfaat bagi tubuh. Cara kerja dari probiotik ini dengan cara bekerja  di usus dan sistem pencernaan yang mampu membantu anak menyerap nutrisi-nutrisi penting dan sekaligus meningkatkan daya kekebalan tubuh

Sebuah studi menunjukkan jika anak-anak yang mengkonsumsi yoghurt memiliki risiko 19% lebih rendah untuk terjangkit flu, infeksi telinga, dan radang tenggorokan.

2. Kacang kenari

Kacang kenari mengandung asam lemak omega-3, nutrisi penting untuk kekebalan tubuh anak. Studi mendapati, asam lemak omega-3 mengurangi jumlah infeksi saluran pernapasan pada anak-anak.

3. Buah

Aneka macam buah mengandung semua nutrisi seperti vitamin dan mineral untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Berikan anak berbagai jenis buah dengan aneka warna. Semakin bervariasi, semakin banyak pula nutrisi yang didapatkan anak.

4. Sayur

Sayur mengandung serat yang tinggi dan baik untuk pencernaan. Sayur juga kaya akan vitamin dan mineral yang menunjang sistem imunitas tubuh. Olah sayur dengan kreatif agar anak tertarik mengkonsumsi sayuran.

5. Daging tanpa lemak

Daging tanpa lemak juga membantu anak meningkatkan kemampuan untuk melawan penyakit. Daging mengandung protein yang membantu menjaga kekuatan.

Studi juga mendapati, kandungan seng dalam daging dapat membantu sel darah putih melawan infeksi pada tubuh.

Dengan membiasakan anak untuk rajin mengonsumsi makanan yang membuat kebutuhan gizinya terpenuhi, maka dapat membantu meningkatkan daya kekebalan tubuh anak dan mengurangi peluang seringnya terkena penyakit. (EB/cnnindonesia).

Related Articles

Back to top button