fbpx
Ekonomi & BisnisGaya HidupKabar Indonesia

Ini Lho 5 Ikan Cupang Cocok Untuk Bisnis & Investasi

ENERGIBANGSA.ID (Semarang) — Mengoleksi ikan cupang kini kembali menjadi tren, tak hanya masyarakat, selebriti papan atas Tanah Air pun turut serta dalam tren ini.

Contoh nya saja seperti Nadine Candrawinata, Gisella Anastasia, Ashanty, dan masih banyak seleb lain yang menggeluti hobi memelihara ikan cupang. Ada juga yang hanya sekadar mengeloksi, ada pula yang membudidayakannya sebagai ladang bisnis ikan cupang.

Garadasi warnanya yang cantik menjadi ikon tersendiri bagi ikan dengan nama latin Betta Sp.

Merawat ikan cupang ini cukup mudah loh Sobat Energi, cukup pastikan bahwa ikan cupang mu memiliki makanan dan asupan cahaya yang cukup dan stimulasi mental yang tepat. Ikan yang bisa hidup di rawa-rawa ini memiliki rata-rata umur sekitar 3 sampai 4 tahun saja.

Melansir Fish Base, setidaknya ada 52 jenis ikan cupang yang ada di perairan Indonesia. Tak semua jenis ikan cupang yang ada populer dan bernilai tinggi. Terdapat sekitar 5 top jenis ikan cupang termahal berdasarkan karakteristik unik yang dimiliki.

Berikut ini Top 5 Ikan Cupang Termahal di Indonesia yang berhasil dirangkum oleh tim energibangsa.id dari beberapa sumber:

1.         Ikan Cupang Halfmoon

Ikan Cupang ini memiliki varian warna yang teduh dan indah. Dinamakan halfmoon karena ikan yang disebut berasal dari Thailand ini, ekor dan siripnya mirip seperti bentuk bulan separuh (halfmoon).

ikan cupang halfmoon. (sumber: cupangsehat.blogsport.com)

Dikembangkan oleh Peter Boettner dari Amerika Serikat pada 1980-an, ikan cupang ini di Indonesia dibanderol sekitar Rp 3 juta. Sedangkan pada lelang online Thailand ikan ini berhasil dijual dengan harga Rp 8 juta.

2.         Ikan Cupang Double Tail

Ikan Cupang Double Tail. (sumber: bukareview.bukalapak)

Jenis ikan ini memiliki bentuk ekor yang terbelah dua. Tak mudah untuk mendapatkan ikan ini, sehingga gelar langka disandang oleh ikan cantik ini. Tak heran jika harga ikan cupang double tail menjadi mahal, satu ekor ikan cupang ini bisa mencapai Rp 2 juta.

3.         Ikan Cupang Plakat

Ikan Cupang Plakat. (sumber: portal industri dan investasi kemaritiman)

Warna yang indah dan ekor menawan yang kokoh nan tegas dimiliki ikan cupang ini. Bernama ‘Plakat’ yang dalam bahasa Thailand berarti pertarungan atau laga. Ikan ini difungsikan sebagai ikan aduan bagi sebagaian orang yang memiliki kegemaran tarung ikan. Harga jual ikan cupang plakat ini sekitar Rp 1 juta.

4.         Ikan Cupang Giant

Ikan cupang Giant. (sumber akuarium hias blogger)

Ikan cupang yang bisa mencapai ukuran 12 cm. Cupang jenis ini dikembangkan melalui perkawinan silang antara cupang plakat dengan cupang jenis lain. Yang paling terkenal adalah ikan cupang jenis halfmoon giant, double tail giant, dan crown tail giant. Harga cupang giant mencapai Rp 400 ribu per ekornya.

5.         Ikan Cupang Fancy

Ikan yang sangat ikonik dengan warna tunggal di tubuh bagian depannya ini dalam sebuah acara lelang daring di Thailand dipatok harga Rp 10 juta, sedangkan di Indonesia, cupang fancy ini hanya dibanderol seharga Rp 300 ribu per ekornya.

Ikan Cupang Fancy. (sumber: medium)

Itu dia Sobat Energi beberapa ikan cupang termahal di Indonesia. Sangat mempesona sekali ya corak dan warnanya. Kalau ditekuni dengan benar, budaya ikan cupang pun cukup menjanjikan loh. Nah, kamu sudah punya yang mana aja nih? (Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button