fbpx
Gaya Hidup

Ini Lho.. 10 Idiom Bahasa Inggris yang Buatmu Terlihat Cerdas

ENERGIBANGSA.ID – Di era saat ini, idiom menjadi suatu kalimat yang sering digunakan oleh orang-orang, terlebih anak muda. Pengertian idiom sendiri merupakan sebuah ungkapan yang terdiri dari berbagai kata yang tidak dapat diartikan satu per satu.

Idiom sering kali digunakan dalam percakapan sehari-hari dan tak jarang pula terdapat dalam dialog film maupun lirik lagu. Berikut ini, tim energibangsa.id telah merangkum 10 idiom dalam bahasa inggris yang membuatmu terlihat cerdas pada saat menggunakannya.

1. Comparing apples to oranges

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka kalimat ini akan memiliki arti membandingkan apel dengan jeruk. Padahal tanpa perlu dibandingkan pun kedua buah ini merupakan jenis buah yang berbeda. Maka makna dari idiom ini adalah kedua hal yang sudah terlihat perbedaanya.

Contohnya nih, “Comparing One Direction to James Corden is comparing apples to oranges,”

2. Don’t put all your eggs in one basket

Ketika Anda mendengar seseorang yang mengucapkan kalimat ini, atau bahkan kalimat ini ditujukan untuk kamu maka orang tersebut sedang mengingatkanmu jika apa yang tengah kamu kerjakan memiliki risiko yang tinggi.

“I know you have an opportunity to get a job at this company, but  don’t put all your eggs in one basket. Make sure to apply to several companies.”

3. Saving for a rainy day

Pada saat kamu ingin mengingatkan teman atau saudara untuk menabung guna kebutuhannya di masa depan, kamu bisa menggunakan idiom ini. Selain tak terlihat sedang memberi perintah, idiom ini juga membuat kamu tampak cerdas.

“Rather than buying a new iPhone, saving for a rainy day is the best choice for you now,”

4. Get wind of something

Sebuah kabar yang berkaitan dengan rahasia pasti dijaga oleh mereka yang memilikinya. Nah kalau sampai terbongkar, mereka akan merasa resah dan berusaha menutupi rahasia ini. Nah, idiom ini menjelaskan kabar yang sifatnya rahasia itu. Dapat berupa kejahilan bahkan sampai isu kejahatan yang tidak boleh sampai diketahui publik .

Adapun kata something ini bisa diganti dengan berbagai kata, contohnya : “If Budi gets wind of surprise party we’re planning, it can’t be surprised anymore,”

Kata something berganti dengan kata surprise party.

5. It is a poor workman who blames his tools

Ketika kamu gagal, kemudian melemparkan kesalahan tersebut kepada orang lain karena tidak dapat menyelesaikan pekerjaan tentu tidaklah etis. Idiom ini digunakan untuk mengingatkan agar tak lakukan hal serupa. Kamu bisa menggunakannya ketika temanmu menggerutu karena hal kondisi seperti itu terjadi pada dirinya.

Contohnya seperti pada percakapan berikut.

Chris : My work wasn’t done on time because of my laptop.

Sam : Honestly, you’re the poor workman who blames his tools.    

6. You can’t make an omelet without breaking some eggs

Segala sesuatu selalu dilakukan dengan pengorbanan, entah itu membeli barang yang diinginkan sejak lama sampai memilih untuk pindah ke luar negeri. Pengorbanan itu bisa dalam bentuk materi, waktu maupun tenaga. Idiom ini menjelaskan situasi semacam itu.

Contohnya :

Nirmala : “I just bought a new television two days ago. But, now I don’t have enough money,”

Anwar : “You can’t make an omelet without breaking some eggs,”

7. Look before you leap

Jika pernah mendengar idiom ini disampaikan kepada kamu, maka orang tersebut mengingatkanmu untuk memikirkan konsekuensi apa yang ada di balik setiap keputusan yang akan kamu pilih.

Contohnya adalah : “It’s better to look before you leap when choosing the presidential candidate in this electoral

8. Birds of a feather flock together

Bila seseorang memiliki persamaan dalam hobi maupun makanan favorit pastinya dirinya akan berkumpul dengan orang lain yang juga punya kesamaan serupa. Idiom ini dapat kamu gunakan ketika sedang berada di situasi seperti itu.

Contoh : “Ani and Ronald would get along well since both like fried rice. Birds of a feather flock together,”.

9. Give someone the benefit of the doubt

Ketika berdebat terkadang kita sering tidak percaya dengan apa yang dikatakan lawan bicara. Idiom ini digunakan dalam situasi seperti ini. Idiom ini memiliki makna jika setidaknya kita memberikan kepercayaan pada perkataan orang lain terlepas apakah pernyataannya terbukti benar atau salah.

Contoh kalimatnya seperti berikut : “Whether he tells a lie or a truth fact, we should give someone the benefit of the doubt,”

10. The best of both worlds

Memperoleh situasi ideal tentu diharapkan semua orang. Bekerja namun masih tetap bisa berkuliah jadi salah satu contohnya terutama bagi mahasiswa. Idiom ini bisa dipergunakan untuk kondisi semacam itu.

Contoh dari kalimatnya “Andi has both a new bag and an expensive smartphone. It’s the best of both worlds for him,”.

Nah sepuluh idiom diatas merupakan sebagian kecil dari yang ada dalam bahasa Inggris. Selain membuat kamu menjadi tampak cerdas saat mengucapkannya, menggunakan idiom Bahasa inggris juga membuatmu terlihat keren dalam satu waktu.

Jadi, idiom mana yang sering kamu gunakan? (EB/idntimes).

Related Articles

Back to top button