Kabar IndonesiaKita IndonesiaNasionalPojok Bangsa

Ini Kisi-Kisi Penilaian Sayembara Desain Ibu Kota Baru

ENERGIBANGSA.ID – Ridwan Kamil menjadi salah satu juri dalam ajang sayembara desain ibu kota baru.

Apakah sobat masih ingat dengan sayembara yang diumumkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) beberapa pekan lalu ? atau sobat salah satu dari peserta sayembara tersebut ? dalam sayembara desaign ibu kota ini Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat didaulat menjadi salah satu juri.

Dilansir dari Tempo.co Ridwan menyebutkan empat syarat yang harus tepenuhi dalam sayembara desaign ibu kota baru ini. Berikut empat syarat desaign ibu kota baru yang berhasil tim energibangsa.id rangkum

Humanis
Syarat yang pertama adalah humanis, menurut teori kelas dunia sebuah kota harus humanis. Ciri dari kota yang humanis adalah jarak-jarak nya bedekatan. Hal ini dimaksudkan agar orang lebih sering berjalan kaki, sehingga mampu mengurangi penggunaan kendaraan bermotor.

Ramah Lingkungan
Bangungan yang akan dijadikan sebagai jantung kegiatan pemerintahan harus bersifat go-green. Hal ini bertujuan untuk megurangi pencemaran lingkungan. Hal ini perlu dipertimbangkan matang-matang mengingat dana yang dikucurkan untuk membangun bangunan dengan tema daur ulangatau go-green biasanya lebih besar.

Tidak terlalu padat
Apsek ini cukup membutuhkan strategi yang baik. Pasalnya Ridwan mengungkapkan bangunan ibu kota tidak boleh terlalu padat namun tidak boleh terlalu berjauhan juga. Bangunan yang tidak terlalu padat bisa merespresentasikan sebuah kota yang strategis tidak sesak sehingga mempermudah kegiatan pemerintahan, perekonomian dan hal lainya.

Estetik
Ini adalah aspek terakhir yang perlu dipertimbangkan dalam membuat desain ibukota yang baru. Serupa dengan bangunan Monas dan Masjid Istiqlal dibangun sedemikian rupa sehingga menjadi suatu kebanggan. Hal ini juga perlu diterpakn pada ibu kota baru, selain sebagai ibukota namun bisa menjadi kebanggan juga. Unsur seni perlu dimasukkan dengan harapan mampu menonjolkan identitas bangsa Indonesia.

Nah gimana sobat, pastikan kalian memasukkan keempat aspek tersebut ya. Sekadar informasi bahwa sayembara desaign ibu kota baru ini akan dinilai oleh 13 juri profesional dan berpengalaman. Kementrian PUPR akan memberikan penghargaan berupa hadiah total senilai 5 miliar

Related Articles

Back to top button