fbpx
Kabar Daerah

Ini dia Sejarah Bandara Ahmad Yani, Warga Semarang Harus Tahu!

SEMARANG, Energibangsa.id  –  Semua orang pasti sudah sangat mengenal betul mengenai keberadaan Bandara Ahmad Yani yang berada di Kota Semarang.

Apalagi dengan eksistensinya kini, membawa Bandara Ahmad memiliki wajah baru yang turut menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi warga Semarang.

Bandara yang kini sudah berstatus sebagai Bandara Internasional ini menyimpan banyak sejarah dan berbagai fakta unik yang menarik untuk disimak. Berikut beberapa informasi yang perlu kamu tahu tentang seluk beluk Bandara Ahmad Yani:

SEJARAH

Sebelum menjadi bandara komersial seperti sekarang ini, Bandara Ahmad Yani memulai debutnya terlebih dahulu sebagai pangkalan udara TNI Angkatan Darat tepatnya pada tahun 1995, oleh Perwakilan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Pada tanggal 1 Oktober 1995, karena meningkatnya frekuensi penerbangan yang melayani warga sipil maka PT Angkasa Pura I (Persero) mengambil alih terkait pengelolaan dari Bandara Udara ahmad Yani tersebut.

Setelah itu pada 10 Agustus 2004 seiring naiknya arus penerbangan domestik maupun internasional, barulah Bandara Ahmad Yani menyandang statusnya sebagai sebagai Bandara Internasional. Melalui Surat Keputusan Menteri Perhubungan Nomor KM 64 Tahun 2004.

WAJAH BARU BANDARA AHMAD YANI

Mengalami kemajuan yang cukup pesat pada tahun 2018, Bandara Ahmad Yani secara resmi menambah terminal barunya. Mengusung konsep floating airport yang tentunya modern dan ramah lingkungan, membuat Bandara Ahmad Yani ini dinobatkan sebagai bandara pertama di Indonesia yang dibangun di atas air.

Selain itu terminal baru yang diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (7/6/2018) ini memiliki luas area 58.651 meter persegi atau melebihi luas dari terminal lamanya yang hanya 6.708 meter persegi. Kapasitas penumpangnya pun juga bertambah mencapai 6,5 – 7 juta penumpang dengan rata-rata 20.000 orang per hari. Serta luas terminal kargo yang bertambah menjadi 2.048 meter persegi. (Ozan/EB).

Related Articles

Back to top button