fbpx
Komputer

Ini Dia Musuh Para Gamers !

energibangsa.id—Kini, aktivitas gaming tidak hanya sekedar menjadi hobi. Akan tetapi sudah menjadi suatu profesi bagi seseorang yang mendalami e-sport. Bahkan profesi baru ini telah menjadi patokan cita-cita baru bagi sebagian orang.

Bagaimana tidak? Berawal dari hobi, naik tingkat jadi professional gamers, lalu mendapat ‘cuan’ lewat beragam kompetisi. Tapi perlu diingat juga nih, bahwa jadi gamers pun nggak selamanya mulus.

Semakin bergengsinya sebuah kompetisi game, semakin besar juga emosional yang dialami gamers. Berikut merupakan musuh terbesar mereka:

1.AFK karena sinyal atau panggilan masuk

Istilah AFK (Away From Keyboard) bisa dibilang kembali mencuat ketika fenomena gaming ini mulai jadi tren baru di kalangan masyarakat.

Dulu, istilah ini lebih sering digunakan ketika sedang chatting atau online di media sosial tapi tiba-tiba jauh dari keyboard alias gak ada balasan. Nah, ini juga berlaku di game online.

Coba bayangkan, lagi asik-asiknya main game ‘bareng’, eh tiba-tiba salah satu tim atau mungkin kamu sendiri harus terpaksa AFK karena sinyal yang jelek dan atau ada panggilan masuk.

Asli, ini bikin emosi sampai ke ‘ubun-ubun’ buat para gamers. Satu-satunya tips supaya gak ada pop-up notification, bisa lho untuk aktifkan fitur ‘Do Not Disturb’ selama main.

2.Ada maintenance pada server game

Kamu pernah alami momen ini gak sih? Di mana kamu lagi ‘on fire’ banget buat main game, eh ternyata harus nunggu karena ada maintenance di server game-nya?

Gak hanya kamu, semua pemain gak akan pernah bisa masuk ke dalam game buat main selama masih ada maintenance.

Setiap game punya durasi maintenance-nya masing-masing, tapi pada dasarnya ini bertujuan untuk perbaikan masalah sekaligus update fitur terbaru. Semakin banyak fitur yang di-update maka semakin lama juga waktu yang diperlukan. Mohon bersabar, ini ujian!

3.Harus fokus

Gak cuma karyawan kantoran yang harus fokus waktu bekerja, gamers juga demikian. Coba lihat para pemain e-sport, pasti fokus banget pas lagi main game alias totalitas tanpa batas. Mata ke layar PC atau HP, dan kedua tangan gak bisa lepas dari keyboard atau HP.

Pertanyaannya adalah istirahatnya kapan? Kalau mau santai sebentar gimana? Kalau mau ngerasain sensasi ‘nikotin’ sambil main gimana?

Ya, mau gak mau ini dilakukan setelah selesai bermain atau ketika ada jeda dalam permainan itu. Susah juga jadi gamers, gak bisa multi-tasking saat main.

4.Download data tambahan

Biasanya ini berlaku untuk beberapa game yang berukuran besar nih. Karena mau gak mau kamu dipaksa untuk re-download data tambahan yang tentunya berukuran besar juga.

Data tambahan lewat aplikasi game ini menjadi strategi para pengembang game dalam memaksimalkan fitur di dalamnya.

Oh ya, kamu harus siap dengan kuota internet nih untuk download data tambahan ini. Tahan dulu emosinya, tapi percayalah bahwa data tambahan ini pasti kamu butuhkan supaya waktu kamu bermain nanti bisa berjalan lancar tanpa ‘ngadet-ngadet’ lagi.

5.Spek HP

Semua memang butuh modal termasuk HP. Game favoritmu pun kapasitasnya pasti bergantung pada spek HP yang kamu punya. Semakin besar game tersebut maka semakin besar pula RAM yang kamu butuhkan. Ini yang menentukan apakah nanti tampilan jadi ‘nge-lag’ karena terlalu berat atau justru mulus-mulus saja.

Selain RAM, coba perhatikan lagi spek lainnya dari segi layar (refresh rate-nya), audio, hingga kapasitas baterainya, ya. Keempat hal ini sangat kamu butuhkan demi mendapatkan pengalaman game yang luar biasa. Anti kentang-kentang club!

Nah itulah 5 musuh bagi para gamers. Sobat Energi ada yang pernah mengalaminya juga? (dhanti/EB)

Related Articles

Back to top button