fbpx
Nasional

Ini Dia Fakta Unik di Balik Peristiwa Sumpah Pemuda, Intip Selengkapnnya

SEMARANG, energibangsa.id — Hari ini memperingati 92 tahun peristiwa Sumpah Pemuda. Para pemuda dalam Kongres Pemuda II berdiskusi di Jalan Kramat Raya No 106, Kwitang, Jakarta.

Pada Kongres Pemuda II tak hanya menjadi lahirnya Sumpah Pemuda, tetapi juga menjadi momen untuk pertama kalinya lagu Indonesia Raya ciptaan WR Supratman dimainkan dengan biola.

Berikut ini, energibangsa.id telah merangkum beberapa fakta unik di balik peristiwa Sumpah Pemuda.

1. Awalnya Bukan ‘Sumpah Pemuda’

Menurut sejarawan JJ Rizal, sebenarnya tidak ada kata ‘Sumpah’ dalam hasil Kongres Pemuda II. Kata ‘Sumpah Pemuda’ diberikan bertahun-tahun kemudian setelah peristiwa Kongres Pemuda II.

Awalnya, jelas JJ Rizal, hasil Kongres Pemuda II disebut dengan ‘Putusan Kongres Pemuda-Pemuda Indonesia’. Kemudian, setelah Indonesia merdeka baru diganti menjadi ‘Sumpah Pemuda’.

Kata ‘Sumpah’ sendiri, ditambahkan sebagai pengingat bagi para pemuda tentang ikrar untuk bersatu sebagai sebuah bangsa.

2. Diadakan di 3 Tempat

Kongres Pemuda II berlangsung di tiga tempat yang berbeda. Hari pertama pada tanggal 27 Oktober 1928 di Gedung Katholieke Jongenlingen Bond.

Pada hari kedua, pada tanggal 28 Oktober 1928, berpindah ke Gedung Oost-Java Bioscoop di Jalan Medan Merdeka Utara, kemudian, berpindah lagi ke Gedung Kramat, Jakarta Pusat yang kini dijadikan sebagai Museum Sumpah Pemuda.

3. Menggunakan Bahasa Belanda

Bahasa yang digunakan dalam Kongres Pemuda II sebagian besar menggunakan bahasa Belanda. Hal ini dibuktikan dengan pidato yang disampaikan Siti Soendari yang menggunakan bahasa Belanda.

Tak hanya itu, notulen rapat Kongres Pemuda II juga dituliskan dengan bahasa Belanda.

4. Tak Boleh Mengucapkan ‘Merdeka’

Belanda terus mengawasi dengan ketat kegiatan Kongres Pemuda II. Bahkan, para pemuda dilarang menggunakan kata merdeka. Itulah mengapa naskah Sumpah Pemuda tidak ada kata merdeka dan lirik lagu Indonesia Raya sempat diubah, dari ‘merdeka, merdeka’ menjadi ‘mulia, mulia’.

Nah, Sobat Energi, itulah beberapa fakta unik yang terjadi dalam saat Kongres Pemuda II. Selamat Memperingati Hari Sumpah Pemuda!

(Annisaa/EB).

Related Articles

Back to top button