fbpx
Kabar IndonesiaNasionalTeknologi

Ini Daftar Wilayah 5G Indosat Ooredoo, Jawa Tengah Masuk Lho!

ENERGIBANGSA.ID – Kabar baik bagi seluruh netizen Indonesia, Indosat Ooredoo telah mendapatkan izin untuk membuka layanan 5G di Indonesia.

Perusahaan Telekomunikasi yang identik dengan warna kuning itu resmi mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO) 5G dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Wilayah 5G Indosat Ooredoo

Berapa frekusensi 5G Indosat Ooredoo? Berdasarkan data yang berhasil dihimpun oleh energibangsa.id, Indosat Ooreedoo ada di frekuensi n3 (1.800 MHz atau 1,8 GHz) dengan lebar pita 20 MHz.

Dikutip dari Kompas.com (15/6/2021), di frekuensi itu, Indosat memiliki total lebar pita 2×22,5 MHz, di mana 20 MHz-nya dimanfaatkan untuk 5G.

Adapun wilayah jangkauan dari layanan 5G Indosat di awal peluncurannya akan tersedia di 4 kota besar di Indonesia.

Empat kota itu adalah: Jakarta (mewakili ibukota), Solo (mewakili Jawa Tengah), Surabaya (mewakili Jawa Timur), dan Makassar (mewakili Sulawesi).

Data itu sebagaimana disampaikan President Director & CEO Indosat Ooredoo Ahmad Al-Neama dalam rilis resminya.

“Beberapa lokasi lain akan menyusul sesuai kesiapan ekosistem,” jelas Al-Neama dalam keterangan pers.

Apresiasi Pejuang Sinyal di Daerah

Menanggapi hal itu, Yanuar Aris Budiarto, sebagai Aktivis Pejuang Sinyal Internet di Jawa Tengah turut mengapresiasi kebijakan Indosat Ooredoo yang telah memperluas layanan 5G.

https://sinyalpremium.com/

“Alhamdulillah Jawa Tengah masuk radar atensi dan optimalisasi sinyal di level regional, meskipun Jawa Tengah baru diwakili oleh Solo saja,” ujarnya.

Dimas Ahmad Rizal, pakar internet sekaligus aktivis dunia digital di Jawa Tengah juga turut mengapresiasi keseriusan Indosat Ooredoo yang telah berinvestasi menambah 35 tower BTS baru di 12 Kecamatan di Wilayah Grobogan.

“kami bersyukur setidaknya Indosat Ooredoo beberapa langkah lebih baik dibandingkan operator lain dalam memperjuangkan kesetaraan sinyal di daerah-daerah terdalam, seperti misalnya di wilayah Grobogan,” ujarnya.

“setidaknya Indosat Ooredo telah peduli, karena ada sekitar 35 BTS baru dari Indosat Ooredoo yang mensupport sinyal 4G+ untuk warga Grobogan,” lanjutnya.

Maya Ludfiana, koordinator pelaksana komunitas sinyalpremium.com di daerah Grobogan menyebut bahwa ada sekitar 35 BTS baru yang sudah disiapkan Indosat Ooredoo untuk mendukung mobilitas internet warga Grobogan.

Menurut data yang berhasil didapat tim energibangsa.id dari komunitas Sinyal Premium, penambahan 35 BTS itu tersebar di 12 wilayah Kecamatan di Grobogan.

Adapun sebaran wilayah itu adalah sebagai berikut :

  1. Kradenan
  2. Toroh⁣
  3. Karangrayung
  4. Pulo kulon⁣
  5. Ngaringan⁣
  6. Penawangan⁣
  7. Kedungjati⁣
  8. Grobogan⁣
  9. Geyer⁣
  10. Godong⁣
  11. Gabus⁣
  12. Gubug

Wahh, keren ya, sobat energi. Semoga kualitas sinyal di daerah desa dan kota semakin setara. (*)

Related Articles

Back to top button