Ragam Bangsa

Ini Daftar Pahlawan Wanita yang Jarang Diketahui, Tak Hanya RA Kartini Lho !

energibangsa.id —  Pahlawan wanita di Indonesia yang paling sering disebut adalah RA Kartini, Cut Nyak Dien, dan Cut Nyak Meutia.

Padahal, ada banyak sekali wanita yang turut andil berperang untuk kemerdekaan, membela hak dan memperjuangkan martabat seorang wanita.

Berikut ini adalalah beberapa pahlawan wanita yang pasti kamu belum ketahui.

1.Maria Walanda Maramis

Maria Walanda Maramis memiliki cita-cita untuk memberdayakan kaum ibu dan mendirikan organisasi Percintaan Ibu Kepada Anak Turunannya (PIKAT) di tahun 1917.

Tujuannya, untuk memperjuangkan pendidikan bagi wanita. Khususnya kaum ibu untuk meningkatkan kesehatan anak dan kesejahteraan keluarga. Ia bahkan memperjuangkan agar wanita memiliki hak suara di lembaga perwakilan Minahasa Raad pada 1919.

2.Opu Daeng Risadju

Opu Daeng Risadju merupakan pelaku pemberontakan Tentara NICA tahun 1946. Ia mengalami penyiksaan setelah ditangkap oleh pasukan. Akibatnya, ia menderita gangguan pendengaran (tuna rungu) hingga akhir hayatnya.

3.Laksamana Malahayati

Laksamana Malahayati atau Keumalahayati adalah seorang Laksamana (Panglima Perang) Kerajaan Aceh di era pemerintahan Sultan Al Mukammil (1589-1604). Ia memperoleh kepercayaan menjadi orang nomor satu di bidang militer karena keberhasilannya, memimpin pasukan wanita.

4.Teuku Fakinah

Teuku Faiknah, salah satu pahlawan wanita yang muncul selama perang Aceh. Ia dikenal sebagai pejuang karena jasanya melawan Belanda akhir abad ke-19. Ia tak hanya panglima perang yang disegani, tetapi juga seorang pendidik dan ulama.

5.Hj Rangkayo Rasuna Said

Pada 1932 Hj Rangkayo Rasuna Said dipenjara oleh Belanda karena memprotes ketidakadilan Pemerintah Hindia Belanda. Ia pun pernah duduk menjadi anggota DPR-RIS dan Dewan Pertimbangan Agung. Semasa hidupnya sangat aktif memperjuangkan hak pria dan juga wanita.

Nah, Sobat Energi, itu dia beberapa pahlawan wanita Indonesia yang berjasa dan pemberani, namun jarang diketahui. Kamu sudah tau semua? (Annisaa/EB)

Related Articles

Back to top button