fbpx
Nasional

Ini Daftar Menteri Baru Jokowi, Hasil Reshuffle Kabinet Indonesia Maju

JAKARTA, energibangsa.id—Sore ini, Selasa (22/12) Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan perombakan kabinet (reshuffle) di Istana Negara Jakarta. Kali ini adalah reshuffle perdana di era pemerintahan Pemerintahan Jokowi yang kedua.

Dalam perombakan ini, sejumlah menteri dicopot dan digeser posisinya. Ada pula nama-nama yang dikeluarkan dari Kabinet Indonesia Maju.

“Pada hari berbahagia ini, saya bersama-sama dengan Pak Wapres ingin mengumumkan menteri-menteri baru yang akan duduk di anggota Kabinet Indonesia Maju,” kata Jokowi di Istana melalui siaran virtual, Selasa (22/12).

Wacana reshuffle

Belakangan ini wacana perombakan kabinet terus mengemuka. Terlebih paska 2 menteri Jokowi tersandung kasus korupsi. Yakni Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo dan Menteri Sosial Juliari Peter Batubara.

Maka, gairah Presiden Jokowi untuk melakukan reshuffle nampak di depan mata. Dan hari ini, adalah momen yang tepat untuk melanjutkan kembali tata pemerintahan ala Kabinet Indonesia Maju yang baru.

Daftar Menteri Baru Jokowi

Berikut adalah daftar menteri Kabinet Indonesia Maju (Jilid 2) hasil reshuffle Pemerintahan Jokowi.

1.Tri Risma sebagai Menteri Sosial

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini atau Risma sebagai Menteri Sosial. Ia menggantikan posisi Juliari P Batubara yang tersandung korupsi bansos Covid-19.

Politisi PDI Perjuangan itu menjabat Wali Kota Surabaya selama 2 periode. Pada 2015, Risma berpasangan dengan Whisnu Sakti Buana. Sosoknya dikenal sebagai wali kota berprestasi.

Salah satu penghargaan yang paling jadi sorotan publik adalah Wali Kota Terbaik Ketiga di Dunia versi World Mayor Project pada 2015.

Surabaya di bawah kepemimpinan Risma juga meraih anugerah Adipura Kencana. Penghargaan ini diberikan karena Surabaya meraih Adipura selama tiga tahun berturut-turut. Hanya Surabaya yang telah meraih penghargaan ini.

2.Sakti Wahyu Trenggono sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan

Penunjukan Sakti Wahyu Trenggono disampaikan langsung oleh Jokowi dalam jumpa pers, Selasa (22/12).

“Beliau sekarang ini pemegang jabatan di wamen pertahanan dan akan kita beri tanggung jawab untuk menjadi menteri kelautan dan perikanan,” kata Jokowi.

Wahyu sebenarnya bukan orang baru di Kabinet Indonesia Maju. Ia merupakan wakil menteri pertahanan mendampingi Prabowo Subianto sejak akhir 2019 silam.

Sakti Wahyu Trenggono yang akrab dipanggil “mas Treng” adalah mantan bendahara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 lalu.

Mas Treng tercatat pernah menjabat bendahara Partai Amanat Nasional (PAN). Ia juga seorang pengusaha yang bergerak di penyediaan Menara Base Transceiver Station (BTS).

3.Yaqut Cholil Qoumas sebagai Menteri Agama

Yaqut Cholil Qoumas atau Gus Tutut adalah Ketua GP Ansor. Saat reshuffle kali ini, ia menjabat sebagai Menteri Agama. Gus Tutut menggantikan posisi Fachrul Razi.

“Yang keempat adalah bapak Yaqut Cholil Qoumas. Beliau adalah tokoh muslim, Ketua GP GP Ansor. Dan akan kita berikan tanggung jawab sebagai menteri agama,” kata Jokowi.

Yaqut menggantikan menteri agama sebelumnya, Fachrul Razi yang menjabat sejak 23 Oktober 2019.

4.Budi Gunadi Sadikin sebagai Menteri Kesehatan

Sosok wakil menteri Badan Usaha Milik Negara Wamen BUMN) tiba-tiba muncul, disebut Presiden untuk menggantikan posisi Terawan Agus Putranto sebagai Menteri Kesehatan.

“Bapak Budi Gunadi Sadikin. Beliau sebelumnya Dirut Bank Mandiri, kemudian Dirut PT Asahan Alumunium, terakhir jadi Wamen BUMN. Dan sekarang kita beri tanggung jawab memimpin kemenkes”, kata Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta.

Sebelum duduk di kursi Menkes, Budi menjabat Wakil Menteri BUMN mendampingi Erick Thohir. Ia juga menjabat Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

5.Sandiaga Salahudin Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Presiden Jokowi juga menunjuk Sandiaga Uno menjadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menggantikan Whisnutama Kusubandio.

“Beliau, dulu adalah wakil gubernur DKI Jakarta, ketua HIPMI. Dan saat ini beliau akan kita berikan tanggung jawab untuk pimpin Kemenpar,” kata Jokowi.

Tak hanya menjadi pengusaha, Sandi juga dikenal sebagai salah satu politisi nasional. Karir politik bermula dari keikutsertaannya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta pada Oktober 2017.

Ia mencalonkan diri menjadi wakil gubernur DKI Jakarta mendampingi Anies Baswedan. Dan berhasil memenangi Pilkada. Sandi juga pernah tercatat sebagai calon wakil presiden 2019, berdampingan dengan Prabowo Subianto. Namun dalam Pilpres 2019 lalu dimenangkan pasangan Jokowi-Ma’ruf.

6.M Luthfi sebagai Menteri Perdagangan

Dalam perombakan kali ini, Presiden Jokowi memutuskan untuk menunjuk M Lutfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto.

Luthfi sebenarnya bukan orang baru di lingkungan Kementerian Perdagangan. Di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), ia pernah duduk di posisi yang sama untuk masa jabatan 14 Februari 2014-20 Oktober 2014.

Pada Pilpres 2019 lalu, Lutfi tercatat sebagai bagian dari tim sukses Jokowi-Ma’ruf. Setelah Jokowi terpilih lagi, ia diangkat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) menggantikan Mahendra Siregar yang ditarik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri RI pada Mei 2020.(*)

Related Articles

Back to top button