Teknologi

Ini Bukti Pertamax Lebih Hemat Dibanding Lainnya

ENERGIBANGSA.ID – Dari pantauan tim energibangsa.id di mesin pencarian google banyak sekali yang mencari komparasi efesiensi penggunaan bahan bakar, lebih hemat mana antara pertamax dan pertalite?

Muhammad Mastur, praktisi otomotif di area Ambarawa menyebut bahwa Semua kendaraan keluaran terbaru, apalagi yang injeksi, bukan karburator, kompresinya bisa dipastikan sudah di atas 9,2:1.

“jadi, motor-motor itu seharusnya menggunakan pertamax,” ujarnya pada energibangsa.id

Mastur menjelaskan bahwa BBM jenis Premium itu lebih mudah terbakar dibandingkan Pertamax. Sebelum aliran premium sampai di busi, sudah terbakar sehingga tidak terjadi pembakaran secara sempurna atau masih bersisa.

spbu

Murah belum tentu Hemat

Masyarakat selama ini banyak memahami kehematan hanya dari sisi rupiah saja, tapi dari sisi konsumsi tidak diperhitungkan.

“secara angka rupiah memang Pertalite dan Premium lebih murah, tapi soal lebih hemat belum tentu,” ujarnya.

“karena premium dan perlite lebih cepat terbakar,”

Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa kendaraan yang biasa menggunakan premium harus sering diservis karena blok atau silindernya lebih cepat kotor. Sedangkan yang pakai pertamax, lebih lama masa servisnya karena lebih bersih.

“Pemakaian suku cadangnya tentu lebih awet. Secara menyeluruh ini yang kemudian pertamax dianggap lebih hemat,” ujarnya.

Jadi, yakin sobat energi nggak mau beralih ke Pertamax? Yuk, jadi energi bangsa dengan pilih bahan bakar yang efisien, efektif, lebih bertenaga, dan ramah lingkungan.

Related Articles

Back to top button