fbpx
Kesehatan

Ini Anjuran Dosis Vitamin C Saat Pandemi

ENERGIBANGSA.ID—Belum lama ini viral cuitan di Twitter berisi informasi mengenai sejumlah vitamin yang sebaiknya dikonsumsi masyarakat agar terhindar dari infeksi Covid-19, Senin, (4/1/2021).

Dari unggahan tersebut, sejumlah netizen menyorot jumlah konsumsi harian vitamin C yang disebutkan oleh pengunggah. Warganet memahami bahwa dosisnya dinilai terlalu tinggi untuk kebutuhan tubuh.

“Sebagai penyintas Covid-19, ini sih yg mendasar elo butuh kalo ada gejala: Alat: Oxymeter & Thermometer Konsumsi:

 – Vitamin C 1000mg x 2 per hari (sehabis makan)

– Vitamin D3 (2000-4000 IU per hari)

– Vitamin E (400 IU per hari)

– Omega 3 (1000 mg per hari),” tulis akun Twitter Yasha Chatab.

Lantas, berapa banyak kandungan vitamin C harian yang dibutuhkan tubuh?

Kata ahli

Dilansir dari Kompas.com, dokter spesialis gizi klinik, dr Dian Permatasari, SpGK mengungkapkan bahwa berdasarkan Angka Kecukupan Gizi 2019 Kemenkes, kebutuhan vitamin C per hari tubuh hanya 75-90mg.

Namun untuk dosis vitamin C pada pasien yang terinfeksi Covid-19, Dian mengaku belum mengetahui angka pastinya. 

“Belum jelas, ada yang mengatakan bisa sampai 4.000 mg per hari,” kata Dian.

Selama pandemi ini dia hanya menganjurkan kepada masyarakat untuk mengonsumsi 1.000 mg per hari agar daya tahan tubuh terjaga. Konsumsi vitamin C dapat untuk membantu pembentukan kolagen.

Tak masalah

Dokter spesialis gizi klinik dari Mochtar Riady Comprehensive Cancer Centre (MRCCC) Siloam Hospital, Jakarta Selatan, dr Inge Permadhi juga menjelaskan, tidak masalah jika seseorang mengonsumsi vitamin melebihi dari dosis yang ditentukan.

Sebab vitamin adalah zat yang dapat larut dalam air. Sehingga apabila berlebih dan tidak dibutuhkan oleh tubuh maka akan larut dan dibuang melalui air seni. (Nicola/EB)

Related Articles

Back to top button