Gaya HidupRagam BangsaTeknologi

Ini Alasan Orang Nekat Bikin Konten ‘Sampah’ di Youtube

ENERGIBANGSA.ID – Mengunggah video ke YouTube memang bisa mendatangkan cuan, syarat utamanya tentu adalah viewers yang banyak. Maka tak heran, ada saja yang sengaja buat video ‘sampah’ demi menarik banyak viewers. Lalu, berapa banyak sih penghasilan yang bisa didapat seorang YouTuber lewat 1 video yang diunggahnya di Youtube?

Melansir berbagai sumber, seorang YouTuber dapat menghasilkan pendapatan antara US$ 0,10 hingga US$ 0,30 per tampilan iklan di video yang diunggah YouTuber tersebut. Namun, rata-rata yang diperoleh YouTuber mencapai US$ 0,18 setara Rp 2.610 (kurs Rp 14.5000) per tampilan iklan untuk 1 video.

Jadi, bayangkan bila kamu memiliki minimal 1.000 views per hari untuk 1 iklan dalam 1 video yang Anda unggah di Youtube, sudah bisa menghasilkan Rp 2,6 juta per hari. Bila jumlah ini terus bertambah selama 1 bulan, maka tinggal dikalikan saja sebanyak viewers yang Anda tarik selama sebulan.

Mengutip hitung-hitungan versi Forbes, sebuah video di YouTube dengan 1 juta views dapat menghasilkan lebih dari US$ 5.000 setara Rp 72,5 juta. Hal inilah yang kemudian membuat pekerjaan sebagai YouTuber menjadi sangat digandrungi.

Belum lagi, dengan jumlah subscriber yang didapat, bisa dimanfaatkan untuk menarik uang tambahan lewat endorse produk ke perusahaan-perusahaan ternama.

“kalau kontennya viral dan banyak mendapat views ini kan dapat diterjemahkan dapat uang khusus dari konten YouTube termasuk juga membangun atau mengkoleksi subscriber yang juga bisa dijadikan pasar untuk mempromosikan atau endorse produk,” ujar Dimas Ahmad Rizal, Chief Technology Officer PT Energi Bangsa Solusindo, kepada tim redaksi energibangsa.id, Selasa (4/8/2020).

Setelah berhasil meraup pendapatan dari iklan, Anda juga bisa dibayar oleh YouTube lewat YouTube Partner Program (YPP). Agar dapat dibayar oleh YouTube, Anda harus mencapai saldo US$ 100 dari penghasilan iklan tadi. Artinya, Anda harus mampu mengumpulkan minimal 20.000 views jika rata-rata yang anda terima US$ 5 per 1.000 views.

Syarat Monetize Youtube

Syarat lainnya, Anda harus memiliki setidaknya 1.000 subscriber dan meraih 4.000 jam tayang publik dalam 12 bulan terakhir.

Cara lainnya adalah dengan endorse suatu produk tertentu. Seperti channel YouTube Ryan ToysReview, siapa sangka, hanya dengan memamerkan koleksi mainan yang ia miliki, YouTuber satu ini mampu mendapat penghasilan dari review produk hingga sebesar US$ 22 juta setara Rp 319 juta pada 2018 lalu.

Nah, maka dari itu, agar tidak ada lagi content creator yang membuat konten ‘sampah’ lagi di Youtube, maka konten-konten ‘sampah’ yang tidak edukatif seperti itu, jangan ditonton lagi ya, sobat energi.

Related Articles

Back to top button