fbpx
Wisata & Kuliner

Ini Alasan Mengapa Kamu Perlu Melakukan Solo Traveling

ENERGIBANGSA.ID—Solo traveling atau berwisata ke suatu daerah sendiri merupakan suatu tantangan bagi siapa saja yang akan mencobanya. Selain menambah pengalaman, berwisata sendiri menjadikan seseorang mampu mengenal lebih jauh akan siapa dirinya serta menumbuhkan rasa mandiri.

Selain itu, beberapa hal berikut merupakan alasan besar mengapa kalian perlu melakukan solo traveling. Check this out.  

1.Menumbuhkan kesadaran akan kepekaan terhadap lingkungan 

Berwisata alam merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Selain dapat menikmati keindahan dunia serta mensyukuri kebesaran Tuhan. Berwisata alam turut akan membawamu kepada rasa damai dan tenteram setelah seharian melakukan aktivitas yang padat. Terlebih, saat ini banyak sekali destinasi wisata alam yang dapat kalian temui dengan mudah.      

Bukan hanya wisata alam resmi yang terdaftar oleh pemerintah, wisata alam pedesaan hingga suatu bentang alam yang belum terjamah dapat kalian jadikan rekomendasi dalam menghabiskan waktu berlibur. Pasalnya, alam selalu menyajikan kedamaian dengan karakteristiknya masing-masing.

Entah itu pantai, gunung atau sekadar hutan-hutan alami. Manjakan mata anda menikmati alam, maka anda akan sadar akan eksistensi kebaikan alam. Menjadi sebuah kewajiban dalam berwisata alam untuk senantiasa menjaga kelestarian alam seperti tidak membuang sisa sampah sembarangan atau merusak alam dengan mencorat-coret suatu cagar alam. Dengan begitu, kita akan lebih bisa menghargai alam tanpa merusak tatanan lingkungan yang ada.

2.Menantang adrenalin 

Ya, berwisata mandiri tentu akan menjadikan kita lebih teliti dan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan selama berlibur. Entah itu sekadar menentukan tempat untuk menginap atau semudah memilih makanan untuk disantap.

Pasalnya, kita melakukan hal ini sendiri yang menjadikan kita harus bijak dalam mengambil sikap jika tidak ingin mendapatkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Perlu untuk menjadi catatan bahwa buatlah catatan kecil terhadap apa saja yang telah anda lakukan. Dan jangan lupa untuk mengabari orang terdekat seperti nomor polisi taksi yang anda tumpangi, alamat hotel hingga lokasi terkini anda berada.    

Hal ini bukanlah tanpa suatu alasan. Mengingat, banyak pengalaman pelancong yang mengalami kejadian tidak menguntungkan seperti pencurian atau salah alamat.

Dengan mengabari kepada orang terdekat posisi terkini, jika semisal barang anda hilang karena dicuri anda dapat meminta bantuan orang terdekat untuk membantu menghubungi polisi atau memantau lokasi terkini keberadaan anda.

3.Melatih kesabaran      

Berwisata secara mandiri melatih kesabaran seseorang dalam bersikap. Contoh saja ketika seseorang harus mengantri sebuah tiket yang harus ia lakukan sendiri semuanya.

Berbeda dengan ketika berwisata bersama dengan orang lain, tatkala mengantri tiket dapat diwakilkan dan kita hanya menunggunya di kursi tunggu yang telah disediakan. Kesabaran merupakan suatu kewajiban jika kita berwisata.

Kita akan menghadapi berbagai orang-orang baru yang kita temui dalam perjalanan, kebudayaan dan kepercayaan yang berbeda hingga peristiwa yang belum tentu dapat kita temui jika kita berwisata secara berkelompok. Misalnya saja ketika harus berbagi kursi tumpangan saat menaiki transportasi umum.

Gunakan kesempatan tersebut untuk sekadar bertegur sapa atau bercengkrama. Jika memungkinkan, anda dapat bertanya terkait dengan daerah yang anda kunjungi.    

4.Menumbuhkan manajemen waktu dan manajemen keuangan

Bagaimana tidak, berwisata sendiri sudah tentu mengharuskan kita untuk melihat kondisi keuangan dan menyesuaikannya terhadap pengeluaran seperti pembelian tiket masuk atau makanan. Dengan penyesuaian terhadap uang yang telah anda sisihkan untuk berlibur, anda akan belajar bagaimana seharusnya uang anda dikeluarkan agar tetap tersedia hingga anda kembali kerumah selepas bertamasya.  

Sementara itu, kita juga dapat melatih bagaimana mengontrol waktu. Solo travelling menjadikan anda memiliki sikap sepenuhnya dalam menentukan bagaimana 24 jam anda dihabiskan dalam satu hari. Apakah anda hanya ingin menghabiskan waktu menikmati fasilitas hotel seharian atau menjelajahi jalanan kota yang belum anda lakukan sebelumnya, semua pilihan berada pada anda.    

5.Menambah teman dan keluarga baru

Menelusuri desa demi desa, bertemu dengan banyak orang dan berkesempatan untuk mengenal orang baru lebih dekat dapat anda temui selama anda berwisata, terlebih solo travelling. Beberapa daerah baik dalam negeri maupun luar negeri terkenal akan masyarakatnya yang ramah serta murah senyum.

Sebut saja Thailand atau Filipina yang mengklaim negerinya dengan sebutan friendly travel destination. Pemerintah setempat menentukan tujuan wisata yang salah satunya adalah wisata berbasis masyarakat lokal.     
Di Filipina, anda dapat menaiki jeepney, sebuah transportasi umum berupa bus kecil yang dapat anda gunakan bersamaan dengan masyarakat lokal. Kemampuan bahasa Inggris yang baik beberapa warganya menjadikan anda dapat bercengkrama dengan mudah tanpa adanya suatu hambatan. Orang-orang Filipina tersohor akan kegemarannya dalam bercengkrama dan tertawa. Tertarik untuk bertegur sapa dengan mereka?      

Itulah beberapa alasan mengapa anda perlu melakukan solo travelling. Walau demikian, selalu perhatikan kondisi keamanan dan kesehatan anda seperti membawa selalu hand-sanitizer, masker hingga kebutuhan mandi dan alat ibadah pribadi agar dapat memastikan anda terhindar dari penularan virus dan bakteri.

Tentu, liburan yang diharapkan menjadi suatu hal yang menyenangkan jangan sampai berubah menjadi menyedihkan dikarenakan anda jatuh sakit selama atau selepas berlibur (Mohamad Yuflih Huda M)

Related Articles

Back to top button