Pojok BangsaReligius

Ini Alasan Logis Mengapa Makam di San Diego Hills Mahal

ENERGIBANGSA.ID – Jagad maya kembali riuh, kali ini soal tarif lahan makam mahal di San Diego Hills yang tarifnya hingga ratusan juta. Mullut pedas netizen yang menyinyiri harga lahan makam suami artis Bunga Citra Lestari yang infonya mencapai Rp 300.000.000,- untuk dua liang lahat.

Netizen sudah pasti nyinyir, jelas! karena itu bukan level mereka, level mereka adalah ngomentarin urusan orang lain. Apalagi yang kelewat wahh… Melihat harga semahal itu untuk petak tanah yang biasanya hanya seukuran 3×2 pasti jiwa missQueen-nya meronta-ronta.

Oke, mari kita bahas San Diego Hills. Dikutip dari situs resminya, Sand Diego Hills menawarkan tagline “Memorial Park & Funeral Homes” San Diego Hills hadir bukan hanya sekedar pemakaman, tetapi bagaimana menghadirkan tempat pemakaman yang indah dan nyaman, suatu tempat untuk mengenang orang-orang yang kita sayangi.

Klasifikasi 3 Agama

 Dibangun dengan mengusung konsep keberagaman, dengan kultur masyarakat Indonesia, pemakaman San Diego Hills menyediakan 3 areal lokasi yang sesuai keyakinan dan tradisi yang berkembang di Indonesia. Nuansa Islam, Nuansa Universal, dan Nuansa Chinese. sehingga apapun agama atau keyakinan yang di peluk, dapat di makamkan di memorial park San Diego Hills ini.

Dalam situsnya, ia menyebut kehadiran Pemakaman (TPU) San Diego Hills menjadi alternatif  Pilihan terbaik bagi keluarga untuk memakamkan orang-orang terkasih di tempat yang layak dan indah.

Dengan begitu, setidaknya, minimal ada dua manfaat baik dari adanya makam mewah San Diego Hills. Pertama, sebuah taman pemakaman lengkap dengan fasilitas dan layanannya, tentu saja fasilitas ini dibuat untuk mengurangi beban kesedihan, terutama bagi keluarga yang sedang berduka. Dalam Islam ini disebut ta’ziyah, secara bahasa Ta’ziyah (التعزية) artinya menguatkan.

Suasana yang Menegarkan

Sedangkan secara istilah, ta’ziyah adalah menganjurkan seseorang untuk bersabar atas beban musibah yang menimpanya, mengingatkan agar tidak meratap, dan mendoakan ampunan bagi mayit dan dari orang yang tertimpa musibah dari pedihnya musibah.

Imam al Khirasyi mengistilahkan Ta’ziyah dengan : “Menghibur orang yang tertimpa musibah dengan pahala-pahala yang dijanjikan oleh Allah, sekaligus mendo’akan mereka dan mayitnya”

Menghilangkan Kesan Horor

Kedua, menghadirkan suasana teduh, damai, dan harmoni dalam area makam. Ini sangat penting, agar saat keluarga hendak nyekar atau ziarah, yang dibayangkan adalah kedamaian, sehingga saat berdoa bisa khusyuk, bukan takut karena kesan horor dan mistis di area makam.

Namun begitu, ada beberapa hal yang perlu ditambahkan dalam fasilitas di pemakaman mewah tersebut. Misalnya, setiap hari dari pagi hingga sore diputarkan alunan sholawat dan bacaan Al Quran dengan nada-nada sendu, sehingga mengingatkan manusia akan mati hingga alam bawah sadarnya.

Kedua, untuk kaum muslim yang dimakamkan di sana setiap hari arwahnya dibacakan surat yasiin dan tahlil, dan setiap kamis malam jumat dikirim tahlil dan barokah khataman Al Quran, sehingga yang nampak nyaman tidak hanya di luar saja, tapi bagi si mayyit juga akan merasakan keteduhan doa yang dikirimkan untuknya.

Buat kalian, jika masih nyinyir, disudahi saja, ambil sisi postifnya saja. Tidak perlu memperbanyak dosa, kirimkan doa saja bagi keluarga yang telah mendahului kita.

Related Articles

Back to top button