fbpx
Kabar Indonesia

Ini Alasan Kenapa Kita Harus Menghemat Energi

ENERGIBANGSA.ID – Sebagaimana kita ketahui bersama, energi adalah salah satu kebutuhan pokok manusia. Setiap hari kita menggunakan energi untuk beraktivitas, baik itu energi yang digunakan oleh tubuh, maupun energi yang dipakai untuk menjalankan semua peralatan penunjang lainnya. Lampu, kipas angin, komputer, kendaraan bermotor, mesin pabrik, dan lain-lain, semuanya membutuhkan energi agar bisa beroperasi.

Contoh energi yang paling sering kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah listrik dan minyak. Sebagian besar peralatan kita di rumah ataupun di kantor, semuanya menggunakan listrik. Sebagian yang lain menggunakan minyak, seperti motor, mobil, diesel, kompresor, dan lain sebagainya.

Setiap hari listrik dan minyak tersebut diproduksi oleh pemerintah melalui Perusahaan Listrik Negara dan juga Pertamina. Listrik dan minyak itu sendiri berasal dari pengolahan bahan-bahan mentah yang dikonversi menjadi listrik. Bahan yang paling banyak digunakan adalah minyak bumi.

Meskipun, energi tersedia setiap hari, tetapi kita harus bijak menggunakannya. Energi harus digunakan sesuai peruntukannya, agar tidak terjadi pemborosan energi. Apalagi, jika energi tersebut berasal dari sumber yang tidak dapat diperbaharui, maka akan habis dalam waktu cepat apabila kita tidak menghematnya. 

Lantas, mengapa kita harus menghemat energi? Nah, pada kesempatan kali ini tim energibangsa.id akan menguraikan materi seputar penghematan energi. Kami akan memaparkan beberapa alasan mengapa sehingga kita harus menghemat energi. Semoga setelah membaca uraian ini, kita semakin bijak menggunakan energi.

Mengapa Kita Harus Menghemat Energi?

Beberapa alasan mengapa sehingga kita harus menghemat energi, antara lain sebagai berikut :

1. Sumber Energi Semakin Berkurang

Energi yang tersedia di alam jumlahnya sangat terbatas, banyak dari sumber-sumber energi yang selama ini kita gunakan jumlahnya telah jauh berkurang. Jika kita tidak melakukan langkah penghematan, maka energi tersebut akan habis dalam waktu cepat. Akibatnya, generasi selanjutnya tidak akan bisa lagi menikmatinya. Oleh sebab itu, mulai saat ini kita harus menghemat energi.

2. Untuk Menghemat Pembayaran

Agar kita bisa menikmati energi, maka kita harus mengeluarkan uang untuk membeli energi tersebut. Semakin banyak kita menggunakan energi, semakin besar jumlah uang yang harus kita bayarkan. Contohnya listrik, setiap bulan kita harus membayar ke PLN yang besarannya sesuai dengan jumlah listrik yang kita pakai. Jadi, agar uang yang kita keluarkan tidak terlalu banyak, mulailah untuk menghemat energi listrik.

3. Mengurangi Pencemaran Udara

Salah satu alasan mengapa sehingga kita harus menghemat energi adalah untuk mengurangi pencemaran udara. Minyak bumi yang setiap hari kita ambil energinya untuk menjalankan kendaraan atau mesin, menyisakan zat-zat hasil pembakaran.

Zat tersebut sangat berbahaya jika menumpuk terlalu banyak di udara. Kualitas kebersihan udara akan menurun dan sangat mengganggu kesehatan manusia. Jadi, penghematan energi penting dilakukan untuk mengurangi pencemaran atau polusi udara. 

semoga dengan memahami ini, kita akan semakin sadar pentingnya berhemat energi dan pentingnya menjaga stabilitas dan ketersediaan sumber daya energi baru dan terbarukan. Jadi, yuk semangat mencari dan menciptakan energi baru terbarukan.


Related Articles

Back to top button