fbpx
Gaya HidupRagam Bangsa

Ini Alasan Kenapa Kamu Harus Rajin Baca Buku

ENERGIBANGSA.ID – Zaman sekarang digitalisasi semakin merambah ke semua bidang kehidupan kita, tak heran jika setiap saat banyak orang yang tidak bisa lepas dari gawai.

Terlepas dari itu, masyarakat Indonesia masih memiliki minat baca yang rendah, terutama pada buku cetak. Padahal membaca di buku cetak dengan elektronik memiliki sensasi dan hasil yang berbeda loh…

Masih malas baca buku cetak? Berikut manfaat yang bisa kamu dapatkan dari membaca buku cetak berkurangnya intensitas terpapar radiasi dari layar gawai.

1.Risiko Terserang Alzheimer Lebih Rendah

Hobi intelektual seperti membaca, dapat membantu mencegah munculnya penyakit Alzheimer dan masalah memori lainnya.

Sebuah penelitian menemukan, bahwa orang lanjut usia yang secara teratur membaca, memiliki 2,5 kali lebih kecil risiko terkena penyakit yang dapat melemahkan ingatan ini.

2.Meningkatkan Kemampuan Berbicara dan Pengetahuan Kosa kata

Tulisan dalam buku secara umum menggunakan bahasa yang baku. Maka, secara alam bawah sadar kita menyerap tiap kata ketika membaca dan mencoba mencerna apa maksud dari kalimat yang dituliskan.

Belum lagi jika ada kata serapan atau asing lainnya, biasanya akan dituliskan di bawah halaman. Hal itu bisa menjadi tambahan kosa kata untuk kamu gunakan.

3.Menambah Wawasan

Tentu saja dengan banyak membaca buku wawasan kita akan bertambah. Kita dapat mengetahui persoalan-persoalan ataupun kehidupan belahan dunia lain maupun masa lampau meski tidak melihatnya sendiri.

Dengan memiliki banyak ilmu, kita tidak akan mudah terprovokasi oleh orang lain jika belum mengetahui kebenarannya.

4.Menurunkan Stress

Faktanya, membaca buku bisa meredam stres, membuat tubuh rileks dengan menurunkan detak jantung, serta mengurangi ketegangan pada otot.

Sebuah studi pada 2009 yang dilakukan oleh tim peneliti dari University of Sussex menemukan bahwa membaca dapat mengurangi stres hingga 68 persen.

Apalagi jika buku yang dibaca membahas topik kesukaan.

5.Memiliki Pemikiran Luas

“Buku adalah jendela dunia”, ungkapan tersebut benar adanya. Sebab, pertanyaan yang sering telintas di otak kita bisa saja terjawab dengan membaca buku.

Adapun dengan membaca buku pikiran kita akan terdorong untuk lebih lebih maju dan terbuka terhadap lingkungan sekitar.

Banyak fakta dan persoalan yang kita belum ketahui, kita pun akan memahamii bahwa hal yang kita alami sekarang ternyata sudah pernah dialami orang lain sebelumnya.

6.Kemampuan Berpikir Analitis

Membaca buku-buku. Sekali lagi, kunci untuk meningkatkan keterampilan berpikir analitis kamu adalah dengan menjaga pikiran kamu tetap aktif dan berjalan.

Baca buku dan coba lakukan strategi membaca aktif: baca dan cerna secara proaktif dan pertanyakan apa yang kamu baca. (ara/ EB)

Related Articles

Back to top button