fbpx
Gaya Hidup

Ini 7 Weton Paling “Sakti” dalam Tradisi Jawa

energibangsa.id—Ada yang menarik dari tradisi orang Jawa, yakni “weton”. Bagi masyarakat Jawa, weton sangat penting dan mengakar dalam kehidupan sehari-hari.

Mereka suka mengaitkan weton kelahiran baik untuk membangun rumah tangga, pasangan hidup, pernikahan, bepergian ke suatu tempat, hingga bercocok tanam. Pokoknya semua lengkap dan serba weton.

Nah, setiap weton memiliki dino pasaran (baca: hari lahir dalam hitungan Jawa). Semuanya juga memiliki makna ditinjau dari sudut pandang watak, perilaku, perbuatan dan sikap seseorang. Bahkan ada yang dihubungkan dengan profesi dan kesuksesan seseorang.

7 weton paling populer

Di Jawa, apabila kita ingin merawat weton agar tetap “bermakna” maka salah satunya dengan prosesi tirakat. Ini dimaksudkan agar berdampak baik pada kehidupan. Pasalnya, seseorang yang lahir memiliki weton akan memiliki dampak kehidupan yang beragam.

Berdasarkan penelusuran energibangsa yang dirangkum dari berbagai sumber, terdapat 7 weton paling istimewa.

Kamis Pahing

Seseorang yang lahir hari Kamis berwatak seperti angin alias angen-angen atau sebuah pemikiran.

Mereka memiliki karakter untuk berpikir terlebih dahulu sebelum bertindak.

Pahing atau lanang berwatak gagah berani dan tidak mudah menyerah dan pantang putus asa.

Presiden RI Pertama Ir Soekarno juga disebutkan lahir di hari Kamis Pahing. Sobat energi lahir hari apa, hayo!?

Rabu Pahing

Konon, hari Rabu adalah watak yang bagus untuk menjadi pemimpin. Ia dikabarkan memiliki sifat seperti mendung, tergantung pada cuaca dan kondisi.

Sehingga orang yang memiliki sifat baik kepada orang yang berwatak rabu tentu akan dibalas dengan yang baik. Sedang jika disesuaikan dengan hari pasaran pahing maka akan terbentuk sifat wibawa yang penuh balas budi.

Kamis Legi

Sobat energi, konon, mantan Wakil Presiden Budiono juga lahir di hari Kamis Legi. Dalam hitungan Jawa, seseorang yang lahir di hari Kamis maka ia berwatak angin atau angen-angen.

Sedangkan pasaran dino Legi (tua), berarti bisa membimbing. Jika digabungkan, sosok Kamis legi akan membimbing siapa saja yang dekat dengannya dan akan memberikan pemikiran bagus.

Jumat Legi

Banyak orang Jawa menyebut bahwa Jumat legi adalah perwatakan bagus untuk ritual. Pasaran Jumat Legi sering diadakan tahlilan, selamatan karena diadakan tahlilan, selamatan, rahasianya adalah karena Jumat Legi adalah jumat besar.

Orang-orang yang memiliki weton lahir Jumat Legi akan mengayomi orang-orang di sekitarnya. Apabila meminta pertolongan Tuhan maka akan dikabulkan, tentu saja dengan catatan mereka rajin beribadah.

Sabtu Pahing

Seseorang yang lahir hari Sabtu dikabarkan lebih nyaman (Bhs Jawa: kerasan). Atau betah berada di tempat yang disinggahi dan dianggapnya nyaman.

Jika dihubungkan dengan jenis pekerjaan, maka orang yang lahir pada Sabtu Pahing akan menyukai tempat bekerjanya; meski ia sering mendapat tekanan. Sedangkan dalam lingkungan keluarga, sosok yang lahir pada Sabtu Pahing akan memiliki pengaruh yang sangat besar.

Senin Pon

Seseorang yang lahir di Senin Pon disebut berkarakter keras. Namun ia juga memiliki sifat lembut (tidak tegaan dengan musibah yang dialami oleh orang lain), tegas, cerdas, sportif, dan kreatif.

Watak Senin Pahing layak menjadi sosok pemimpin yang mengayomi. Sebab, ia lebih pandai mengambil keputusan luar biasa, meski di tengah kondisi sulit.

Selasa Wage

Ini adalah watak weton terkecil dari sekian banyak weton. Selasa berartih geni atau api. Jadi, mereka yang lahir pada selasa tidak takut bahaya apapun yang menghalangi. Hati-hatilah untuk kalian yang lahir di hari Selasa Wage, jangan salah dalam melakukan tindakan, ya?

Sobat energi, ada yang hari lahirnya persis seperti tulisan di atas? Bagi-bagi cerita dong …. (dd/EB)

Related Articles

Back to top button