fbpx
Wisata & Kuliner

Ini 5 Kunci Sukses Jalankan Usaha Kulinermu, Catet !!

ENERGIBANGSA.ID—Dikutip dari Viva.co,id, Sabtu (12/12), industri kuliner belakangan ini tengah berkembang pesat. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Republik Indonesia mencatat, subsektor kuliner berkontribusi 41,4 persen dari total kontribusi perekonomian kreatif Rp922 Triliun pada tahun 2016.

Peluang bisnis yang menjanjikan juga membuat semakin banyak orang membuka usaha di bidang kuliner. Tapi, memulai usaha kuliner tentu butuh persiapan agar bisnis tak berhenti di tengah jalan, lurr !! Agar bisnis kuliner tetap ‘gas pol’, simak 5 kunci sukses jalankan usaha kuliner di bawah ini.

1.Ciptakan ceruk

Kamu harus tahu, lur, kenapa makananmu lebih baik dibanding lainnya. Apakah namanya lucu? Kemasannya unik? Atau, makanan pertama yang pernah dijual di lingkungan kamu?

2.Cari penjajal rasa

Hubungi kelompok atau komunitas yang jadi peluang pasar di dekatmu, lurr! Jangan pelit! Lalu, mintalah mereka mencicipi makanan kamu. Jika dia menyukainya, mereka mungkin akan memesan.

3.Tentukan harga

Pergilah ke toko atau kedai yang menjual makanan serupa dan cari tahu berapa harga menu mereka. Atau beranikan diri saja, tanyakan langsung kepada pemilik bagaimana mereka menentukan harga. Simple, to!?

4.Belajar untuk mengiklankan dengan murah

Layanan iklan Google atau media sosial bisa menjadi cara mudah mengiklankan produkmu. Jalin hubungan dengan pelanggan lewat media tersebut dan kamu bisa menawarkan diskon promosi bagi mereka. Intine ojo pelit, lurr!!

5.Tulis rencana bisnis

Bisnis apapun, bila tak punya rencana pasti tidak akan berjalan dengan baik. Pelajarilah bagaimana membuat rencana bisnis melalui buku atau internet. Jangan lupa juga untuk memperhatikan kualitas makanan yang diproduksi. Jangan asal masak, lurr !! Pilihlah juga alat memasak yang berkualitas. Biar yang ‘jajan’ makin demen olahan makananmu. Sepakat, ya lur! (dd/EB)

Related Articles

Back to top button