Amazon Jeff Brezos
Jeff Amazon, Pendiri, Chairman dan CEO Amazon (dok. grid.id)
Ekonomi & BisnisRagam Bangsa

Ingin Sukses dalam Bisnis, Ikuti Tips dari CEO Amazon Ini

0

ENERGIBANGSA.ID – Sobat energi siapa yang tak tahu Jeffrey Preston Brezos? Tentunya sobat energi sudah tahu akan dirinya bukan. Sosok satu ini namanya sudah tersohor seantero dunia.

Jeffrey Preston Bresoz adalah Pendiri, Chairman, sekaligus CEO salah satu perusahaan besar ternama asal Negeri Paman Sam yaitu Amazon. Ia mendirikan perusahaan tersebut pada bulan Juli tahun 1994 dengan nama Cadabra. Situsnya baru mulai mengudara setahun setelahnya dengan nama Amazon.com

Sebelum menjadi perusahaan yang besar, Amazon merupakan toko buku online yang yang bertempat di garasi rumah milik Brezos. Kemudian perusahaan tersebut beberapa  kali  berganti menjadi penjual DVD, CD, MP3, perangkat lunak, permainan, video Elektronik, perlengkapan, Furnitur, makanan, mainan dan perhasian.

Perusahaan tersebut kini telah bertransformasi menjadi salah satu raksasa perusahaan multinasional yang memperdagangkan elektronik secara during terbesar di dunia.  Selain memperdagangkan elektronik, Amazon juga memproduksi barang elektronik konsumen dan komputer tablet kindle fire –salah satu penyedia jasa komputasi awan besar.

Amazon pun memiliki kapitalisasi pasar lebih dari US$ 900 miliar. Dari perusahaan yang ia dirikan, Brezos dinobatkan sebagai orang terkaya di dunia dengan total kekayaan yang mencapai US$ 116 miliar.

Perjalanan Brezos dalam membesarkan Amazon tentunya tidaklah mudah. Seringkali dirinya mengalami jatuh bangun. Namun semua itu tak membuatnya berhenti untuk berusaha. Hingga ia belajar banyak perihal bisnis dan apa yang diperlukan untuk menjadi orang yang sukses dalam berbisnis.

Brezos pun membagikan beberapa tips dan saran untuk siapa saja yang ingin sukses dalam berbisnis. Sebagaimana data yang dirangkum tim energibangsa.id, beberapa tips dan saran tersebut sebagai berikut:

1.Jadi Misionaris

Brezos percaya, mengikuti hasrat diri dalam berbisnis akan menciptakan pengusaha yang sukses. Dirinya mengatakan seseorang yang mengikuti hasrat adalah orang yang perduli untuk menang.

“Dirimu harus punya gairah terhadap apa yang ingi kau kembangkan. Jika tidak, kau akan bersaing dengan mereka yang memiliki hasrat untuk itu, dan mereka membangun produk dan layanan yang lebih baik,” terang Brezos yang dikutip energibangsa.id dari kompas.com

Penting bagi wirausaha untuk menjadi seorang misionaris. Sebab wirausaha tidak bisa hanya menjadi tentara bayaran. Artinya, seorang wirausaha harus memiliki motivasi tentang misi, bukan tentang uang semata.

“Misionaris mampu membangun produk dan layanan yang lebih baik, mereka selalu menang. Sedangkan tentara bayaran hanya berusaha menghasilkan uang . Secara paradoks, para misionaris pada akhirnya selalu berhasil menghasilkan lebih banyak uang ketimbang tentara bayaran,’ ujarnya.

2.Hadapi Resiko dan Kegagalan

Jika kamu ingin sukses dalam menjalankan bisnis, kamu harus berani mengambil resiko yang ada. Meskipun resiko tersebut membuahkan kegagalan.

“Kau harus menerima ide bisnis yang mungkin tidak berhasil. Anggap saja itu sebuah eksperimen kegagalan. Tentu saja kegagalan itu tak jadi masalah,” papar Brezos.

Brezos dikenal sebagai pebisnis yang berani mengambil langkah. Buktinya, tahun 2005, dirinya meluncurkan Amazon Prime dengan modal US$ 79 per tahun.

Menurut Brezos, resiko dan kegagalan perlu tumbuh bersamaan dengan tumbuhnya perusahaan. “kita perlu kegagalan besar jika kita akan menggerakkan perusahaan. Jika tidak, kita tak akan cukup kuat,” ucapnya.

3.Ubah Pola Pikir

Selama perjalanan bisnisnya, Brezos telah bertemu dan berinteraksi dengan orang-orang yang berpengaruh di dunia. Dari situ brezos mendapat satu kesimpulan bahwa orang-orang yang memperbaiki keadaan adalah yang paling banyak mendengarkan  dan paling sering merubah pikirannya.

“Mereka memiliki kumpulan data yang sama dengan yang dimiliki di awal, tetapi mereka terus menganalisanya sepanjang waktu hingga akhirnya sampai pada kesimpulan baru dan berubah pikiran,” tutur Brezos.

Ia menambahkan orang-orang yang sukses dalam bisnis adalah orang-orang yang mengenali keyakinan atau visi yang mereka pegang dan mencari bukti yang membuat mereka tidak yakin.

Nah bagi sobat energi yang memiliki usaha maupun yang ingin berwirausaha dan menjadi pengusaha bisa mengikuti saran dari Jeff Brezos yang inspiratif ini. Semoga kedepannya sobat energi bisa menjadi seperti dirinya…

Komentar Netizen
Bagikan, agar menjadi energi positif untuk orang lain

Keren! Kini Indonesia Punya Kapal Perawatan Jaringan Internet Bawah Laut

Previous article

Kerupuk, Makanan Ringan yang Berat Tapi Bermanfaat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.