Pendidikan

Ingin Kuliah Gratis? Coba 5 Beasiswa Ini

ENERGIBANGSA.ID – Tahun ajaran baru untuk mahasiswa akan segera dimulai beberapa bulan lagi. Baik Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta (PTS) sama-sama membuka kesempatan pada calon mahasiswa untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi lagi.

Kesempatan menjadi mahasiswa memang tidak dapat dimiliki oleh semua orang karena biayanya yang tergolong cukup tinggi. Namun kini semakin banyak lembaga yang peduli dengan kemajuan pendidikan Indonesia agar semakin baik melalui pemberian beasiswa. Dengan beasiswa ini diharapkan anak cerdas dan berprestasi dapat mengenyam pendidikan meski memiliki keterbatasan finansial.

Untuk Sobat Energi yang tertarik menjajal program beasiswa tersebut, berikut Tim Energi Bangsa rangkumkan beberapa beasiswa yang patut dicoba.

Djarum Beasiswa Plus

Beasiswa yang diselenggarakan oleh perusahaan rokok Djarum ini sudah berlangsung sejak tahun 1984. Diperuntukkan bagi mahasiswa yang menempuh jenjang pendidikan Diploma 4 (D4) dan Sarjana (S1), beasiswa ini berlaku untuk mahasiswa PTN dan PTS. Djarum beasiswa plus memberikan dana pendidikan sebesar Rp750.000 kepada setiap beswan (sebutan bagi penerima beasiswa) selama satu tahun.

Nilai positif dari beasiswa ini adalah para beswan akan dibekali dengan beberapa soft skills seperti Nation Building, Character Building, Leadership Development, dan Competition Challenges dan International Exposure yang akan sangat bermanfaat.

Beasiswa Data Print

Untuk mendapatkan beasiswa dari Data Print, Sobat Energi hanya perlu menngirim esai karangan sendiri sesuai tema yang ditentukan. Setelah itu panitia akan melakukan seleksi dan memutuskan yang layak mendapat dana pendidikan senilai Rp400.000, Rp600.000, dan Rp1.000.000.

View this post on Instagram

Program beasiswa DataPrint periode 2 Tahun 2019 Telah dibuka. Tidak ada sistem kuota berdasarkan daerah dan atau sekolah/perguruan tinggi. Hal ini bertujuan agar beasiswa dapat diterima secara merata bagi seluruh pengguna DataPrint. Beasiswa terbagi dalam tiga nominal yaitu Rp 400 ribu, Rp 600 ribu dan Rp 1 juta. Dana beasiswa akan diberikan satu kali bagi peserta yang lolos penilaian. Aspek penilaian berdasarkan dari essay, prestasi dan keaktifan peserta. Ada Merchandise juga loh untuk 5 orang peserta yang paling banyak merekomendasikan program ini ke teman-teman. Jika nama lengkapmu dan asal sekolah atau kampus kamu tertera di formulir pendaftaran temanmu (nama pemberi rekomendasi), siap-siap deh kamu akan jadi pemenangnya di akhir periode! Segera daftarkan diri kamu, dikolom PENDAFTARAN pada www.beasiswadataprint.com Tema essay di kolom essay, Syarat dan petunjuk pengisian di kolom Cara Pengisian, Mohon dibaca dengan baik. Kupon yang berlaku HANYA kupon 2019. Like dan follow DataPrint di page facebook DataPrint Indonesia , Instagram @dataprintindonesia dan twitter @dataprintindo Pendaftaran periode 2 : 1 Juli – 31 Oktober 2019 (HANYA 4 bulan) Pengumuman : 13 November 2019 #BeasiswaDataPrint #Beasiswas1 #BeasiswaDalamNegeri #BeasiswaGratis #InfoBeasiswa #BeasiswaUntukMahasiswa #BeasiswaUntukSMP #BeasiswaUntukSMA #WebsiteBeasiswa #BeasiswaKuliah #DaftarBeasiswa

A post shared by DataPrint Indonesia (@dataprintindonesia) on

Tak hanya terbatas bagi mahasiswa, program beasiswa yang telah berlangsung sejak tahun 2011 ini juga tersedia bagi pelajar dari jenjang SMP dan SMA.

BCA Finance

Kalangan perbankan pun tak kalah memberikan sumbangsihnya bagi dunia pendidikan, salah satunya adalah Bank Central Asia (BCA). Melalui BCA Finance, perbankan swasta ini memberikan bantuan finansial sebesar Rp3.000.000/semester mulai dari semester dua hingga semester delapan. Adapun program beasiswa ini telah terlaksana sejak tahun 2009 untuk mahasiswa PTN dan PTS yang aktif dalam kegiatan keorganisasian.

Beasiswa Tanoto

Tanoto Foundation menilai seluruh manusia layak mendapat kesempatan untuk pengembangan potensi dan taraf hidup. Oleh karena itu hal tersebut coba diwujudkan oleh pendirinya melalui pemberian beasiswa.

Sama seperti beasiswa dari Djarum, Tanoto juga memberikan pelatihan berjenjang dan monitoring yang terstruktur untuk meningkatkan soft skills para mahasiswa. Diharapkan selain mencetak lulusan yang cerdas, mahasiswa binaan dapat pula menjadi pemimpin yang bertanggungjawab. Pendaftaran beasiswa ini akan segera dimulai pada bulan September mendatang.

Beasiswa Van Deventer–Maas Stichting (VDMS)

Yayasan bernama Van Deventer–Maas Stichting (VDMS) yang berlokasi di Yogyakarta ini memberikan beasiswa bagi para siswa SMA dan mahasiswa D3/S1 mulai dari tingkat dua. Setiap penerima beasiswa akan mendapat biaya pendidikan sebesar Rp500.000/bulan hingga akhir masa studi. Namun apabila nilai Indeks Prestasi (IP) mengalami penurunan, maka pihak yayasan akan mempertimbangkan untuk melakukan penghentian beasiswa.

Nah, kesempatan mengenyam ilmu pendidikan tinggi kini lebih terbuka lebar ya, Sobat Energi. Silakan kunjungi laman penyedia beasiswa dan siapkan kelengkapan yang dibutuhkan. Semoga pendidikan di Indonesia semakin mudah dijangkau oleh semua kalangan, ya.

Related Articles

Back to top button