fbpx
Pendidikan

Ingin Kuliah Beasiswa di Luar Negeri, Ikuti Tips Ini

ENERGIBANGSA.ID – Pendidikan memang sebuah hal yang sangat penting dan tak jarang orang tua rela menghabiskan dana yang besar untuk pendidikan anaknya. Namun meski begitu ada pula sebagian anak yang lebih memilih untuk mencari beasiswa pendidikan.

Mendapatkan beasiswa pendidikan memang sebuah impian hampir semua anak. Apalagi jika beasiswa tersebut merupakan beasiswa untuk menempuh studi di luar negeri siapa yang tak mau. Bahkan tak jarang banyak yang rela belajar siang malam demi mendapatkannya.

Tentu saja, keinginan untuk belajar di luar negeri harus diimbangi dengan usaha pula. Pasalnya memang banyak anak muda sekarang yang mengejar beasiswa seperti beasiswa dari pemerintah dikti dan lain sebagainya. Untuk itu, kita dituntut untuk mempersiapkan segala sesuatunya dengan matang dan penuh perhitungan.

Berikut ini tim Energi Bangsa telah merangkum beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri.

Melatih kemampuan berbahasa Inggris
Memiliki kemampuan berbahasa inggris yang fasih tentu menjadi sebuah kewajiban jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Hal yang sering menjadi standar patokan kemampuan berbahasa inggris adalah melalui tes TOEFL. Karenanya, latihan merupakan kunci yang paling penting.

Mempersiapkan diri untuk tes SAT atau ACT
Tes Scholastic Aptitude Test (SAT) dan American College Testing (ACT) merupakan ujian akademik yang menentukan apakah pelamar mampu belajar di universitas yang diinginkan. Kedua tes ini hampir mirip hanya saja untuk tes ACT memiliki tes untuk sains sedangkan SAT hanya seperti tes matematika dan bahasa inggris.

Persiapkan aplication essay
Usahakan dalam membuat application essay ini kalian meluangkan waktu setidaknya beberapa bulan sebelumnya. Sebab, berbagai universitas ternama menggunakan application essay ini untuk bisa mengenal pelamar lebih jauh. Oleh karena itu, pihak universitas meminta para pelamar untuk menulis esai tentang personal statement. Tentunya, essay yang kita buat harus semenarik mungkin atau denga kata lain harus stand out.

Menyantumkan prestasi di luar bidang akademik
Pengalaman, aktivitas ataupun prestasi non akademik juga menjadi bahan pertimbangan tersendiri bagi pihak admission officer. Hal tersebut justru memberikan nilai plus serta kertarikan tersendiri bagi pihak universitas.

Letter of recommendation.
Letter of recommendation adalah sebuah surat rekomendasi yang diberikan oleh guru, dosen yang benar-benar mengenal kita.

Ikut Komunitas Pencari dan Penerima Beasiswa. Mencari beasiswa butuh persiapan dan motivasi kuat, dengan berkumpul dan berkomunikasi dengan orang-orang yang sejenis akan menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman mencari dan mendapatkan beasiswa, meskipun mereka juga pesaing kita, tapi mereka juga menjadi pelecut semangat kita.

Jika ingim lebih sederhana, bergabunglah bersama CILAD UNISSULA Semarang, kamu akan dilatih TOEFL hingga sukses, mendapatkan jaringan penerima beasiswa luar negeri, dan bertemu dengan mentor-mentor asing dan lokal yang berkualitas.

Sobat energi, semangat yah! Beasiswa kuliah bukanlah hal yang sulit kok jika kamu berada di jalur dan lingkungan yang tepat.

Related Articles

Back to top button