Kabar Daerah

Ingat! Operasi Patuh Berlaku 23 Juli-5 Agustus, Polres Semarang Apel Hari Ini

ENERGIBANGSA.ID (Ungaran) – Kepolisian Resort Semarang menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi Tahun 2020 dengan tema “Polri Siap Meningkatkan Kesadaran dan Kepatuhan Masyarakat Dibidang Kamsetibcarlantas dengan Tetap Mempedomani Protokol Kesehatan Guna Memutus Mata Rantai Penyebaran Covid-19″.

Sumber: tribata.news

Apel Gelar Pasukan Operasi Patuh Candi Tahun 2020 tersebut, dipimpin langsung oleh Kapolres Semarang, AKBP Gatot Hendro Hartono S.E., M.Si., di halaman Mapolres Semarang, pada Kamis (23/7).

Apel Gelar Pasukan OPS Patuh ini dihadiri oleh Forkompinda Kabupaten Semarang, Ketua DPRD Kabupaten Semarang, Wakapolres Semarang, Pejabat Utama Polres Semarang, Kasatpol PP dan Damkar Kab. Semarang, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Semarang, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang, Dansubdenpom IV/3.3. Ambarawa.

Kapolda Jawa Tengah, Drs. Ahmad Luthfi, S.H.,S.St.M.K. dalam amanat tertulis yang dibacakan Kapolres Semarang mengatakan karena operasi nasional ini dilaksanakan ditengah pandemi virus corona atau Covid-19. Dengan kasus khusus tersebut, penindakkan pelanggar lalu lintas kali ini akan sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

Petugas mengutamakan pencegahan dan edukasi lebih dahulu. Selebihnya berupa teguran, sosialisasi, dan ajakan untuk menaati aturan lalu lintas, menggunakan masker bagi yang masih membandel, physical distancing, juga memakai sarung tangan,saat berkendara motor.

Operasi patuh ini lebih mengedepankan tindakan preemtif 40%, kemudian preventif 40% dan penegakan hukum 20%. Jadi tidak seperti operasi ketupat kemarin, tidak melakukan penindakan. Tetapi dalam operasi patuh ini, bisa dilakukan penindakan seperti pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

“Saya juga menghimbau kepada masyarakat Kabupaten Semarang, khususnya, untuk sama-sama kita mensukseskan pelaksanaan Operasi Patuh Candi 2020 ini. Dengan sama-sama kita mematuhi aturan lalu lintas, menyiapkan kendaraan yang akan dibawa, baik berupa surat-surat maupun fisik kendaraan dan jangan lupa sama-sama kita mencegah terjadinya penyebaran Covid-19”, imbuh Kapolres Semarang.

Sekadar diketahui, operasi Patuh akan berlangsung selama 14 hari yakni dari tanggal 23 Juli sampai 05 Agustus 2020. (dd/tribata.news/23/7)

Related Articles

Back to top button