fbpx
Gaya HidupKesehatanRagam Bangsa

Infused Water Cara Sehat Ala Rasullullah

ENERGIBANGSA.ID – Bagi sebagian masyarakat mungkin sudah tidak asing lagi dengan minuman yang satu ini. Ya, infused water minuman ini bahkan sudah populer sejak beberapa tahun yang lalu.

Sayangnya, kebanyakan masyarakat hanya menggunakan jenis buah-buahan tertentu untuk membuat infused water. Ternyata nih usut punya usut infused water sudah ada sejak jaman Rasulullah dan menjadi salah satu minuman favorit nabi. Bedanya buah yang digunakan nabi adalah kurma kering.

Rasulullah tak hanya menjadikan kurma sebagai makanan kegemarannya tetapi juga menjadikan kurma sebagai minuman favorit dengan mengubahnya menjadi air nabeez. Air nabeez adalah sebutan untuk air rendaman kurma (infused water). Kurma sendiri memang dikenal kaya akan manfaat jika dimakankan langsung. Maka tak heran jika air nabeez pun juga memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi.

Mungkin Sobat Energi bertanya-tanya kenapa Rasulullah membuat infused water menggunakan kurma kering. Menurut dr. Zaidul Akbar ternyata ada hikmah dibalik pemilihan kurma kering sebagai bahan pembuat infused water. Alasannya adalah pada kurma kering vakuolanya sudah rusak dan akan membutuhkan air lagi untuk membuka vakuola tersebut.

Vakuola merupakan lubang yang ada pada tumbuh-tumbuhan yang berfungsi menyalurkan berbagai macam nutrisi. Itu sebabnya dengan merendam kurma kering akan membuka vakuola dan menjadikan nutrisi yang ada pada kurma keluar dan larut ke dalam air. Untuk membuatnya cukup rendam beberapa kurma kering ke dalam air dan diamkan selamas 6-12 jam.

Biar Sobat Energi makin paham Tim Energi Bangsa sudah merangkum beberapa manfaat dari air nabeez.

Membantu Proses Detoksifikasi Tubuh
Air nabeez merupakan minuman beralkali yang artinya, minuman ini bisa bantu menyeimbangkan kandungan asam dalam tubuh. Untuk itu, air nabeez sangat baik dalam membantu proses detoksifikasi tubuh menjaga sistem pencernaan tubuh.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Air nabeez juga mengandung zat besi yang berfungsi untuk membantu kestabilan metabolisme protein, menjaga produksi hemoglobin dan sel darah merah, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Menghilangkan Kolesterol dalam Tubuh
Kandungan serat yang tinggi pada air nabeez sangat ampuh untuk membantu menghilangkan kolesterol dalam tubuh.

Menstabilkan Tekanan Darah
Tak hanya itu, air nabeez juga dapat membantu menstabilkan tekanan darah dan menjaga kinerja jantung. Kalium ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini karenakan kandungan kalium yang ada pada air nabeez. Tubuh yang kekurangan kalium cenderung mudah lelah untuk itu air nabeez sangat cocok dikonsumsi bagu kalian yang akan berpuasa.

Dianjurkan Untuk Ibu Hamil
Menurut dr Zaidul Akbar air nabeez juga sangat baik diminum oleh para ibu hamil dan menyusui. Tak hanya memberikan nutrisi yang baik bagi ibu dan bayi tetapi juga memperkaya kualitas ASI. Para ibu menyusui juga dianjurkan untuk minum air nabeez selama bulan puasa karena air nabeez akan memberikan energi untuk para ibu.

Related Articles

Back to top button