Pojok Bangsa

Infinite Frameworks, Studio Film Hollywood di Batam Indonesia

ENERGIBANGSA.ID – Siapa sangka Batam, Indonesia menjadi dapur produksi animasi berskala internasional yang orang mengira studio pembuatan film hanya ada di luar negeri.

The Garfield Show, Lucky Luke, Leonard / Dr Contraptus, Roll Bots, Franklin & Friends. Sobat energi atau anak-anak mungkin sudah akrab dengan nama-nama film kartun tersebut di TV. Tapi, sebagai penikmat acara televisi mungkin kita tidak begitu tahu lebih dalam tentang proses produksinya seperti apa. Patut berbangga dan membuat kita sebagian orang tidak menyangka jika kartun-kartun tersebut diproduksi di Indonesia, tepatnya di pulau Batam, Sumatera.

Di sanalah rumah bagi sebuah studio animasi berskala internasional yang disebut sebagai Infinite Frameworks Studio (Kinema Systrans Multimedia). Studio ini telah menjadi salah satu pemain utama dalam industri animasi Asia Tenggara. Bahkan Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono, pada awal tahun ini menyebutnya sebagai “The Centre of Excellence”.

Infinite Frameworks Studio merupakan media pembuatan film animasi yang memiliki dua tempat produksi yaitu di Singapura dan Batam, Indonesia. Didirikan pada tahun 2005 oleh Mike Wiluan yang bekerja sebagai seorang direktur dan produser film di Inggris.

Melihat animasi tren yang berkembang di Asia Tenggara, Mike memilih kembali ke Indonesia untuk mendirikan studio sendiri, sejak saat itu telah berhasil memproduksi sejumlah kartun serta film nasional dan internasional.

Banyak animator Indonesia yang menciptakan karya di sana, selain untuk proses pembuatan dan editing banyak film terkenal, Kinema Studio di Batam atau biasa disebut Infinite Studio ini diperbolehkan untuk siapa saja yang ingin tahu latar di dalam studio tersebut untuk masuk berkunjung atau wisata.

Rumah produksi dengan setting tempat kelas atas dan kualitas tinggi teknologi yang digunakan selain melibatkan pihak asing di sana juga banyak merekrut anak muda Indonesia bahkan anak SMK yang dipersilakan untuk magang.

Satu-satunya studio di Indonesia kelas Internasional ini memiliki keunikan yang dapat memberikan pengalaman untuk orang-orang Indonesia yang ikut berkontribusi dalam pengerjaan film ataupun para pengunjung yang berwisata.

Dandanan Kinema Studio yang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya dan mendapat pengakuan dunia internasional ini sudah memiliki rencana projek selanjutnya untuk dikembangkan.

Related Articles

Back to top button